Mau Bekas Luka di Kulit Anda Hilang Coba Dengan Cara Ini



bekas luka di kulit


Bekas luka di kulit sering kita alami secara tidak sengaja baik dari akibat terjadinya kecelakaan, terkena pisau, tertimpa sesuatu, maupun dari hasil operasi dan tindakan medis tertentu. Luka yang ditimbulkan dari kejadian tersebut dapat membekas pada tubuh kita.

Tentunya bekas luka pada kulit akan terlihat buruk dan tidak sedap dipandang mata, sehingga kulit cenderung tidak mulus. Bekas luka yang ada pada kulit menghitam dengan sendirinya dibandingkan dengan warna kulit disekitar.

Baca Juga: Gunakan Bahan Alami Ini Agar Bekas Cacar Cepat Hilang

Siapa yang tidak menginginkan kulit yang mulus tanpa bekas luka, pastinya semua orang menginginkan hal tersebut. Bekas luka yang ditinggalkan pada kulit dapat membuat seseorang hilang akan kepercayaan dirinya sendiri.

Jenis dan penyebab luka pada kulit

Rusaknya jaringan dermis dan jaringan sel lain yang berada pada kulit dapat menimbulkan bekas luka. Bekas luka ditimbulkan biasanya karena kulit terkena goresan, terbakar, ataupun dari zat kimia tertentu dari suatu pembedahan.

Berikut ada beberapa jenis dan penyebab luka pada kulit yang perlu anda ketahui yang dikenal dalam bahasa medis adalah sebagai berikut:

1. Atrophic

Atrophic merupakan jenis luka yang dikarenakan jaringan pada kulit terlihat rata dibandingkan daerah disekitar kulit yang tidak menonjol dibandingkan jenis luka yang lain. Jenis bekas luka atrophic ini layaknya seperti goresan yang ada pada kulit.

Biasanya jenis luka ini terlihat gelap yang biasanya disebut dengan hiperpigmentas, bekas luka ini akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu ataupun dengan melakukan perawatan.

2. Keloid

Jenis bekas luka keloid dapat terlihat seperti bekas luka yang ditimbulkan akan menonjol keluar, mengkilat, dan kenyal. Keloid terjadi dikarenakan oleh penggunaan benda tajam baik itu dengan tergores maupun akibat dari penggunaan pisau bedah. Jenis luka ini nampak pink dan bewarna coklat gelap bisanya sedikit sakit dan terasa gatal-gatal.

3. Hypertropic

Hypertropic merupakan jenis luka yang muncul menonjol yang terdapat pada permukaan kulit dan jenis bekas luka hypertropic hampir sama dengan jenis luka keloid. Bekas luka jenis ini mudah dihilanngkan daripada dengan jenis bekas luka keloid yang sangat susah untuk dihilangkan.

4. Contracture

Contracture merupakan bekas luka yang muncul dari luka bakar pada permukaan kulit dan biasanya terdapat pada korban kebakarn. Luka yang ditimbulkan masuk ke dalam lapisan kulit tidak hanya muncul ada permukaan.

Jenis luka contracture dapat mempengaruhi sistem kerja pada saraf dan otot yang ada pada tubuh korban, sehingga membuat kulit seseorang susah bergerak dan mengencang. Jenis luka ini sangat sukar untuk dihilangkan tetapi dapat disamarkan dengan jenis perawatan tertentu.

5. Acne 

Acne atau juga disebut dengan jerawat dikarenakan peradangan pada kulit dikarenakan penumpukan bakteri dan sel kulit mati. Acne dapat membekas dan cenderung menghitam pada kulit dan sangat susah untuk dihilangkan.

6. Stretch mark

Stretch marka timbul akibat dari selulit pada tubuh yang membesar dan menghitam dan juga namapak keunguan di area bawahnya seperti pada orang yang terkena obesitas dan orang hamil. Jenis luka stretch marka dapat menghilang baik dengan cara alami ataupun dengan perawatan medis.
Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Alami

Walaupun bekas luka di kulit sangat sukar dihilangkan bukan berati tidak mungkin. Berikut bahan yang alami yang dapat anda coba untuk menghilangkan bekas luka pada kulit  dan menyamarkan bekas luka diantaranya:

1. Menggunkan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat menghaluskan bekas luka dan pelepasan kolagen bahkan dapat mempercepat proses penyembuhan luka dari senyawa asam palmitat yang dikandung minya kelapa. Dengan cara menghangatkan minyak kelapa murni yang dibutuhkan satu sendok makan.

Setelah minyak kelapa dihangatkan kemudian oleskan pada bekas luka dan pijat secara perlahan pada area bekas luka tersebut. Lakukanlah perawatan ini setiap hari sampai hasilnya maksimal dan bekas luka dapat memudar dengan sendirinya.

2. Bawang merah

Bawang merah terbukti ampuh dalam mengatasi bekas luka pada kulit yang dikarenakan kandungan biolavonoid pada bawang merah. Gel  bawang merah yang dioleskan membutuhkan waktu yang sinkgkat untuk mengghilangkan bekas  luka.

Baca Juga: Hindarilah Penyebab Kesalahan Merawat Kulit Wajah di Malam Hari

Penggunaannya dengan memarut bawang merah dan mengambil air sarinya dan mengolesnya pada area bekas luka, setelah mengering bilas dengan air. Lakukanlah perawatan ini dalam 4 minggu agar hasilnya optimal.

3. Lidah buaya

Lidah buaya ampuh meregenerasikan kulit, menghaluskan kulit, mencegah peradangan pada kulit dan melembabkan bekas luka. Lidah buaya dapat menghilangkan bekas luka dari kandungan vitamin, saponin, ligini, aloenin dan mineral dan mineral yang dimilikinya.

Penggunaanya dengan mengambl gel lidah buaya dan mengoleskan gel tersebut pada bekas luka hingga mengering, perawatan ini dilakukan dalam 3 kali sehari guna menghilangkan bekas luka lebih cepat.

4.  Minyak lavender

Minyak lavender mengandung antioksidan dan senyawa aktif yang dapat mencegah jenis bekas luka keloid yang sukar dihilangkan dan dengan menggunakan minyak levender ini mampu memudarkan bekas luka dan membuatnya mudah dihilangkan secara permanen.

Cara penggunaanya dengan mengoleskan dari beberapa tetesan minyak levender pada luka dan tunggu hingga 15 menit, Kamu juga dapat mencampurkan dengan minyak zaitun yang dapat menghilangkan bekas luka secara cepat.

5. Kapsul Vitain E

Dengan menggunakan kapsul Vitamin E efektif membantu menghilangkan bekas luka pada kulit, kapsul Vitamin E dapat dengan mudah kamu perolehi dengan mudah. Vitamin E menggandung nutrisi yang dapat mengencangkan kulit dan merangsang kolagen yang dibutuhkan pada kulit.

Baca Juga: Manfaat Yang Terkandung Dalam Minyak Kemiri Sangat Bagus Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut

Cara pemakaiannya dengan membuka kapsul Vitamin E dan ambil isi dalamnya dan oleskan pada bagian bekas luka. Gunakanlah perawatan ini dalam beberapa minggu sebanyak 3 kali sehari aga bekas luka dapat hilang.