Manfaat Daun Sirsak yang Sangat Baik untuk Kesehatan



manfaat daun sirsak


Tanaman sirsak dikenal dengan tanaman herbal yang sangat baik bagi kesehatan yang setiap bagian dari tanaman tersebut bisa dimanfaat untuk mengatasi penyakit dan sekaligus dijadikan obat. Manfaat daun sirsak sangat beragam dan sangat populer bagi kalangan masyarakat.

Kandungan senyawa dalam daun sirsak, seperti linoleic acid, annoctalin, anohol, muricapentocin, acetogennis annohexocin, dan kandungan senyawa lainnya. Kandungan inilah sangat baik untuk kesehatan dan banyak digunakan sebagai bahan obat dengan cara pengolahan yang sesuai.

Baca Juga: Tahukah Anda Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan? Baca Artikel Ini!

Pengolahan daun sirsak ini sangat mudah sekali tidak perlu dilakukan oleh para ahli, anda hanya cukup merebus daunnya saja dan air rebusan daun sirsak diminum. Daun sirsak ini merupakan obat herbal, maka dari itu efek untuk kesehatan tidak mungkin langsung diberikan seketika.

Perubahan dari mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ini dapat dilihat setelah beberapa kali anda meminumnya. Adapun manfaat daun sirsak yang sangat baik untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Metode pengobatan dengan daun sirsak sangat baik daripada kemoterapi menurut penelitian oleh tenaga ahli daun sirsak mengandung antioksidan yang tinggi, antioksidan inilah yand dapat menyembuhkan 10.000 kali penyakit kanker secara efektif dan cepat dibandingkan dengan cara kemoterapi.

Metode kemoterapi memerlukan biaya yang dan juga dapat memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Untuk itu, gunakanlah daun sirsak sebagai bahan obat alami selain murah juga aman serta dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Mengerikan Dampak Buruk Dari Terapi Tanam Benang di Wajah

Dalam menjalani proses pengobatan maka perlu kesabaran yang besar dan pastikan untuk rutin melakukannya. Pengobatan kanker dengan meminum rebusan daun sirsak diharapkan bisa membunuh sel kanker yang sudah berkembang di dalam tubuh.

Daun sirsak untuk obat kanker:
  • Langkah pertama cukup sediakan daun sirsak yang sudah tua sebanyak 10 lembar, lalu daun tersebut dicuci dengan air hangat.
  • Kemudian rebus kira-kira 3 gelas, tunggu menyusut menjadi 1 gelas.
  • Air rebusan dari daun sirsak dimunum sebanyak 2 kali sehari dan masing-masing diminum 1 gelas.
  • Jika hasil dari meminum daun sirsak sudah mulai terasa, maka lakukan setiap hari selama 2 minggu. Jika belum terasa, maka hentilah meminumnya dan segera konsultasi ke dokter.
2. Sebagai obat untuk asam urat

Asam urat disebabkan oleh zat purin yang terlalu berlebihan, zat tersebut membuat organ ginjal tidak bisa lagi mengeluarkanya, sehingga zat purin tersebut menumpuk di persedian yang memicu asam urat.

Seharusnya zat purin yang ada dalam tubuh harus dalam kadar yang normal, jika berlebihan timbulnya asam urat yan dapat menyebabkan rasa nyeri di persendian, sehingga membuat si penderita tidak nyaman serta dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan penelitan menunjukkan bahwa dengan air rebusan daun sirsak diminum secara rutin dapat membantu menyembuhkan asam urat. Adapun untuk pembuatan obatnya:

  • Menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun sirsak, lalu dibersihkan pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada daun.
  • Daun yang sudah dibersihkan dan sudah dicuci dimasukkan ke dalam wadan untuk merebus.
  • Untuk merebus masukkan daun sirsak ke dalam wadah sejak awal, bukan pada saat airnya sudah mendidih.
  • Kemudian tuangkan air minum hingga daun sirsak tersebut terendam semuanya.
  • Rebus daun sirsak hinga mendidih dan sisa air kira-kira  2 gelas saja, minum airnya selagi hangat.
  • Minumlah air rebusan daun sirsak sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore.
Baca Juga: Ternyata Inilah Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Penanganannya

3. Mencegah rambut rontok dan mengatasi kutu rambut

Kandungan vitamin yang dimiliki oleh daun sirsak mampu menghambat kutu hidup di rambut dan sulit bertahan hidup, dan juga mampu menghilangkan ketombe sehingga rambut terlihat bersih dan sehat. Penggunaanya cukup merebus daun sirsak secukupnya, dinginkan dan basuh keseluruh bagian rambut.

4. Penyembuhan luka diabetes 

Luka diabetes pada penderita berisiko untuk diamputasi sebanyak 85% dari total kasus. Kandungan antioksidan yang tinggi dan anti inflamasi dalam daun sirsak dapat mempercepat penyembuhan luka diabetes.

Daun sirsak juga mengandung lipid yang membantu untuk menetralkan kadar gula dalam tubuh seorang penderita. Berikut cara pengobatannya:

  • Siapkan 5 helai daun sirsak lalu dicuci hingga bersih.
  • Rebus air daun sirsak sekitar 3 gelas.
  • Rebus air sampai menyusut menjadi 1 gelas, lalu saring dan minum saat sedang hangat, lakukan secara ratur setiap hari, pagi dan sore.
5. Meningkatkan kesuburan

Bagi anda yang sulit untuk mendapatkan keturunan, mengonsumsi air rebusan daun sirsak merupakan solusi yang tepat. Bagi pria, meminum air rebusan dun sirsak dipercaya dapat meningkatkan jumlah sperma, sedangkan bagi wanita dapat memperkuat rahim.

6. Menghambat pertumbuhan parasit dalam tubuh

Bagi anak-anak sangat umum terjangkit cacing parasit dalam tubuh, ini dikarenakan anak-anak suka bermain tanpa alas kaki dan di tempat-tempat kotor saat sedang bermain. Air rebusan daun sirsak dapat mematikan cacing parasit.

7. Mengatasi penyakit keputihan

Pada seorang wanita keputihan yang terjadi memang kondisi yang wajar, apabila tidak gatal, tidak berbau, dan tidak berubah warna. Keputihan yang berlebihan dapat membuat seorang wanita menjadi gatal, cairan bau, serta lendir cairan bewarna kehijauan merupakan keputihan yang tidak wajar.

Baca Juga: Merahkan Kembali Bibir Hitam Dengan Menggunakan Bahan Alami Ini. Ampuh

Penyakit keputihan disebabkan oleh bakteri yang tumbuh yang dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat dan kebersihan yang tidak terjaga serta sering mengonsumsi junk food dan makanan instan. Dengan meminum air rebusan dari daun sirsak dapat meringankan dan mengatasi penyakit keputihan.