Kenali Berbagai Penyebab Bau Busuk dari Mulut! Baca disini



Penyebab bau busuk dari mulut


Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa penyebab bau mulut itu masalahnya disebabkan oleh adanya gangguan dengan kesehatan gigi dan mulut karena terdapat bakteri. Bau mulut dapat membuat anda merasa tidak nyaman.

Bau mulut sangat sering terjadi dengan kondisi yang tertentu. Bau busuk dari mulut sangat membuat anda merasa terganggu dengan aktivitas yang anda lakukan. Pada saat anda sedang ngobrol dengan orang disekitar anda, dan orang tersebut menutup hidungnya karena bau mulut yang anda timbulkan, tentu saja dapat membuat anda kesal.

Baca Juga: Cukup Gunakan Bahan Alami Ini Dan Dapatkan Bulu Mata Yang Lebat Dan Indah

Bau busuk dari mulut sendiri dapat mengurangi rasa percaya diri, dijauhi oleh orang lain, membuat orang disekitar tidak nyaman terhadap diri anda,dapat menimbulkan infeksi dari penyakit terutama bagian mulut, dan merasa tidak nyaman. Adapaun berbagai penyebab bau busuk dari mulut diantara lain adalah sebagai berikut:

1. Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan seseorang yang sangat sulit untuk dihindari. Rokok salah satu penyebab bau busuk dari mulut. Rokok yang dihisap oleh perokok dapat mengendap dan menempel pada seluruh bagian mulut dan gigi.

Banyak sekali orang yang membenci bau busuk dari mulut seorang perokok, ini disebabkan dari bakteri dan kuman dari rokok dan menimbulkan bau yang tidak enak. Selain itu, roko sangat bahaya untuk gigi dan mulut bahkan untuk kesehatan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Angin Duduk Penyebab dan Tips Mencegah Angin Duduk

Bau busuk dari mulut akibat merokok, sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang manis atau permen mint agar bau yang tak sedap dari mulut akibat dari merokok dapat berkurang.

2. Mulut yang kering

Jika anda kekurangan cairan ataupun mulut anda terasa kering cairan yang terdapat dalam mulut anda dapat membantu menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Mulut yang kering merupakan salah satu penyebab bau mulut pada diri anda.

Jika anda mengalami mulut kering, sebaiknya dianjurkan untuk banyak minum air putih secara rutin, sering berkumur, dan usahakan mulut jangan sampai kering.

3. Kopi

Hampir semua orang menyukai kopi, ada yang tidak bisa beraktivitas tanpa kopi. Bahkan ada yang dalam sehari 5 kali minum kopi. Kopi juga dapat menyebabkan bau busuk dari mulut anda terutama jika anda sering kali mengonsumsi kopi setiap hari.

Agar dapat menghindari bau yang tak sedap dari mulut, anda bisa mencoba melakukan hal seperti ini, selalu minum air putih setelah selesai minum kopi, jangan lupa untuk menyikat gigi serta berkumur-kumur, dan mengonsumsi perment yang manis seperti permen mint.

4. Kebersihan mulut yang sangat buruk

Jika mulut anda tidak bersih maka kuman dan bakteri yang menempel pada gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan yang anda makan dapat menyebabkan bau busuk dari mulut anda. Selain itu, kebersihan mulut yang tidak terjaga juga dapat menganggu kesehatan gusi, gigi dan mulut.

Gangguan kesehatan dari kebersihan mulut yang sangat buruk dapat menyebabkan, sariawan, karang pada gigi, gusi bengkak dan berdarah, menimbulkan plak, dan warna putih pada lidah. Kebersihan mulut yang tak terjaga membuat orang lain tidak menyukai anda yang dikarenakan bau busuk dari mulut anda.

Baca Juga: Ternyata Inilah Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Penanganannya

Adapun hal yang dapat anda lakukan, seperti sikat gigi setalah makan, berkumur, gunakan pasta gigi yang bersifat menyegarkan, dan mengunyah makanan sampai halus sebelum ditelan.

5. Mengkonsumsi sumber makanan yang dapat menimbulkan bau mulut

Sumber makanan tersebut memang dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap secara alami. Perlu pengolahan tertentu dari sumber makanan ini agar tidak menimbulkan bau mulut saat dimakan.

Sumber makanan yang menimbulkan bau mulut secara alami, seperti durian, petai, jengkol dan jenis makanan yang mengandung lemak tinggi.Usahakan jangan mengkonsumsi secara berlebihan, anda
harus mengaturnya agar terhindar dari bau mulut.

6. Penyakit kronis

Penyakit kronis tertentu dapat menimbulkan bau busuk dari mulut anda, seperti diabetes, kanker mulut, infeksi pada bagian hidung, kondisi asam lambung yang mudah naik, gagal ginjal, dan gagal hati. Gejala penyakit kronis yang menjangkiti anda dapat membuat mulut anda kering dan bau busuk.

7. Obat-obatan

Obat-obatan memang dikenal penyebab bau busuk dari mulut. Adapun jenis obat yang berhubungan dengan bau mulut, seperti obat yang mengandung nitrat yang sering digunakan untuk mengobati angin yang termasuk nyeri pada dada yang disebabkan oleh berkurangnya pasokan darah ke jantung.

Jenis obat lainnya yang berhubungan dengan bau mulut ada beberapa obat kemoterapi, dan tranquilisers (fenotiazin). Apabila anda mengonsumsi jenis obat tersebut sebaiknya anda konsultasi dengan doker agar dapat merekomendasikan alternatifnya.

8. Salah diet

Diet dengan cara yang tidak benar atau salah dapat membuat bau mulut. Bau mulut yang disebabkan oleh kesalahan diet dikarenakan diet dengan rendah kabohidrat tak hanya itu kesalahan diet juga dapat memicu jenis penyakit lainnya.

Sebaiknya anda harus mengatur pola diet anda yang baik dan benar, konsumsi makanan yang berserat tinggi, karbohidrat, serta potrein secara rutin dan teratu hal ini dapat mengatasi dari penyebab bau mulut yang menyengat.

9. Puasa

Bau mulut dikarenakan puasa itu memang umum diketahui oleh orang-orang. Bau mulut karena puasa diakibatkan kita kehilangan cairan yang dapat membersihkan mulut dan gigi kita. Anda bisa melakukan tips untuk mengurangi bau mulut akibat puasa.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Terbukti Ampuh Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Cepat

Pada saat berbuka puasa utamakan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat contohnya buah-buahan. Konsumsi ion penambah cairan tubuh yang tahan lama, seperti hanya kelapa dan jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat.