Jangan Dibuang Dulu, Ini Manfaat Tak Terduga Dari Kulit Pisang Yang Jarang Orang Tahu


Manfaat kulit pisang untuk kesehatan

Mengenai manfaat dari daging buah pisang pasti sudah banyak diketahui oleh orang-orang pada umumnya, tetapi jarang sekali orang-orang mengetahui manfaat tak terduga dari kulit pisang. Biasanya setelah memakan pisang, kulitnya langsung dibuang padahal kulit pisang sangat besar juga manfaatnya baik itu untuk kesehatan, kecantikan kulit, wajah maupun gigi.

Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat yang terdapat dari kulit pisang:

1. Mampu Memutihkan Gigi

Didalam kulit pisang terdapat zat magnesium, mangan serta potassium. Nah kandungan-kandungan ini berfungsi untuk membuat lapisan email pada gigi menjadi lebih putih. Berikut cara memutihkan gigi dengan menggunakan kulit pisang:

Baca Juga: Merahkan Kembali Bibir Hitam Dengan Menggunakan Bahan Alami Ini. Ampuh
  • Anda ambil dan kupas pisang. Sebaiknya pilih pisang yang sudah matang karena kandungan mineralnya tinggi.
  • Kupas dan ambil kulitya saja.
  • Lalu Anda gosok bagian dalam kulit pisang pada gigi dan biarkan selama 10 menit.
  • Kemudian gosok gigi anda sampai bersih.
  • Lakukan satu kali sehari selama seminggu penuh agar mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Mampu Mengatasi Gigitan Nyamuk

Gigitan dari nyamuk dapat mengakibatkan terjadinya bengkak dan rasa gatal pada kulit. Gigitan dari nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit malaria. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan kulit pisang untuk mengurangi bekas dari gigitan nyamuk.

Baca Juga: Efek Bahaya Radiasi Sinyal Hp Ini Sering Diabaikan

Berikut cara mengatasi gigitan nyamuk menggunakan kulit pisang:
  • Anda potong kecil-kecil kulit pisang.
  • Kemudian Anda tempelkan kulit pisang yang sudah dipotong pada bagian tubuh atau kulit Anda.
  • Diamkan dulu selama 10 menit dan kemudian bilas sampai bersih dengan air.

3. Mampu Mengobati Sakit Kepala

Ternyata kulit pisang juga mampu mengurangi gejala sakit kepala, termasuk masalah migrain atau sakit kepala sebelah. Berikut cara mengobati sakit kepala menggunakan kulit pisang:

  • Anda ambil kulit pisang dan haluskan.
  • Setelah itu tempelkan pada dahi hingga terasa dingin dikepala.
  • Jika sudah terasa enakan, bilas dengan air sampai bersih.

4. Mampu Mengobati Luka

Kulit pisang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati luka. Penggunannya sangat mudah, Anda hanya tinggal menempel atau menggosok secara perlahan kulit pisang ke bagian tubuh Anda yang mengalami luka.

5. Mampu Mencegah Iritasi Pada Kulit

Kulit pisang mengandung antioksi dan dan mineral alami yang bermanfaat membantu proses peremajaan kulit Anda. Tidak hanya itu, kulit pisang juga mampu mengatasi dan mencegah masalah iritasi kulit dan luka memar.

Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya tinggal menempelkan kulit pisang pada bagian tubuh Anda yang mengalami masalah luka, memar atau iritasi. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

6. Melindungsi Mata Dari Kerusakan Akibat Sinar Ultra Violet

Kandungan antidioksidan yang terdapat dalam kulit pisang sangat bermanfaat untuk melindungi organ mata dari kerusakan akibat dari serangan sinar ultraviolet dari luar. Serangan ini merupakan bentuk dari radikal bebas yang sangat berbahaya.

Untuk penggunannya sangat mudah , Anda hanya tinggal menempel dan menggosok pelan-pelan kulit pisang pada bagian kelopak mata Anda. Perlu diingat, kulit pisang yang akan Anda gunakan sebaiknya dijemur dulu beberapa saat sebelum digunakan, hal ini bermanfaat untuk menurunkan risiko mata katarak

7. Obat Alami Penyakit Psoriasis

Psoriasis adalah sebuah jenis penyakit yang mempunyai gejala munculnya sisik berwarna keperakan pada kulit, biasanya juga bisa disertai munculnya warna merah, penderita akan mengalami rasa perih atau gatal-gatal.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari menggaruk, karena jika digaruk akan beresiko timbulnya bintik pendarahan yang akan membuat penderita semakin merasakan kesakitan.

Nah untuk mengatasinya, Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan kulit pisang. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang secara pelan-pelan pada bagian kulit  Anda yang mengalami psoriasis. Ketika digosok akan muncul reaksi yaitu kulit terlihat cenderung kemerahan, namun setelah itu secara perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya, dan rasa sakit juga sedikit demi sedikit akan mereda.

8. Mampu Mengobati Kutil

Kutil adalah berupa daging yang muncul hampir mirip dengan jerawat. Anda bisa memanfaatkan kulit pisang untuk menghilangkannya. Cara memanfaatkannya cukupmudah, Anda potong-potong dulu kulit pisang secukupnya, kemudian tempelkan pada kuli Anda yang ada kutil.

Baca Juga: Cukup Gunakan Bahan Alami Ini Dan Dapatkan Bulu Mata Yang Lebat Dan Indah

Selain menempelkannya, ada satu cara lagi yang bisa Anda lakukan,  yaitu dengan menggosok-gosokkannya di daerah kutil kira-kira selama 10 menit. Setelah itu bersihkan kulit Anda dengan air bersih. Sebaiknya lakukan cara ini setiap harinya selama 1-2 minggu agar kutil cepat hilang.

9. Mampu Mengurangi Munculnya Keriput

Dengan menggosok bagian dalam kulit pisang pada kulit Anda yang sudah mulai berkeriput dipercaya mampu membantu mengurangi munculnya keriput atau munculnya garis depan di wajah Anda. Kandungan antioksidan serta vitamin C yang dimiliki oleh pisang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi kolagen dan juga mampu membantu sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dengan begitu mampu mencegah munculnya keruput serta penuaan dini.

10. Mampu Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati akan membuat kulit Anda menjadi terlihat lebih kusam dan tidak bercahaya. Untuk mengatasinya gunakan kulit pisang agar kulit Anda menjadi cerah dan bersinar kembali.

Cara memanfaatkannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menghancurkan kulit pisang dengan cara menumbuknya sampai halus. Kemudian aplikasikan ke waja Anda kira-kira slama 10 menit dan cuci sampai bersih dengan air.

Baca Juga: Inilah Deretan Buah untuk Kesehatan Kulit Cerah dan Sehat

Nah itulah ulasan mengenai manfaat luar biasa yang terdapat dalam kulit pisang baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan Anda. Sebaiknya sehabis makan pisang, kulitnya jangan dibuang dulu, tapi  manfaatkan untuk kecantikan kulit Anda. Semoga bermanfaat.