Efek Samping Mengonsumsi Buah Nangka Bagi Kesehatan



efek samping buah nangka


Selain enak dan lezat, buah nangka juga diolah dalam berbagai jenis makanan dan manisan yang enak. Buah nangka memiliki bentuk, bau dan rasa yang  sangat khas serta memiliki daging yang berserat.  

Buah nangka memiliki banyak fungsi, selain enak dikonsumsi secara langsung saat sudah matang dan juga bisa untuk dimasak saat buah nangka masih muda untuk dijadikan sayur. Buah nangka juga banyak dijadikan sebagai cemilan makanan dengan cara menggoreng ataupun merebus dengan kuah santan.

Nangka mempunyai rasa yang sangat enak dan manis jika di makan, buah nangka juga dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan serta memiliki efek yang negatif bila dikonsumsi terlalu berlebihan.

Baca Juga: Khasiat Jus Lidah Buaya untuk Menurunkan Berat Badan

Nangka pada umumnya banyak dikonsumsi dan banyak terdapat di negara asia seperti Indonesia, Banglades, dan Srilangka. Buah nangka memiliki kandungan diantaranya terdapat Vitamin, A, Vitamin B, Vitamin C, Magnesium, Fosfor, Kalium, Kalsium, dan Seng.

Adanya efek samping yang berbahaya dari buah nangka membuat buah nangka tidak boleh dikonsumsi oleh sebagian orang yang memiliki beberapa jenis penyakit tertentu. Mari kita simak efek samping buah nangka untuk kesehatan supaya kita tidak mengonsumsi nangka secara berlebihan, berikut efek samping buah nangka:

1. Bahaya bagi penderita maag

Maag (radang lambung) merupakan suatu gejala penyakit yang menyerang lambung yang disebabkan oleh luka atau terjadi peradangan yang menyebabkan rasa sakit, perih, dan mulas pada perut. Buah nangka merupakan salah satu makanan yang menjadi pantangan bagi penderita maag.

Makanan yang menjadi pantangan bagi penderita maag yaitu makanan yang memilik kandungan gas dan serat yang sangat tinggi. Mengonsumsi buah nangka dapat menyebabkan perut terasa begah dan menjadi kembung dikarenakan buah nangka dapat meningkatkan kandungan gas.

Bagi anda yang dulunya pernah terserang oleh penyakit maag dan anda mengonsumsi buah nangka lagi dapat memungkinkan maag yang pernah anda alami dulu bisa kambuh lagi. Hindarilah untuk mengonsumsi buah nangka jika anda menderita penyakit maag kronis.

2. Dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi

Hindarilah sebisa mungkin bagi anda untuk mengonsumsi buah nangka khususnya bagi orang yang alergi pada buah nangka. Alergi merupakan suatu kondisi dimana reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu benda yang dianggap tubuh berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya.

Alergi bisa dipicu dari makanan tertentu salah satunya buah nangka. Jika seseorang yang mengonsumsi buah nangka  maka tubuh akan memproduksi antibodi karena menganggap makanan yang kita konsumsi tadi sesuatu berbahaya bagi tubuh.

Gejala alergi yang umum terjadi, seperti bersin-bersin, batuk, sesak napas, ruam merah pada kulit, hidung beringus, gatal, mata menjadi merah, diare, dan muntah-muntah. Oleh arena itu, bagi anda yang ada masalah dengan alergi maka hindarilah untuk mengonsumsi buah nangka.

3. Menyebabkan perut menjadi kembung dan bergas

Seperti yang kita ketahui bahwa buah nangka memiliki serat dan kandungan gas, jika kita mengonsumsi buah nangka dengan jumlah yang banyak dan berlebihan depat membuat perut terasa begah, kembung, dan bergas. 

Selain itu, perut juga akan mengalami berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, kembung, diare, dan buang gas secara terus menerus untuk itu perlu diperhatikan agar tidak mengonsumsi buah nangka dengan berlebihan.

4. Meningkatkan suhu janin dan kontraksi dini

Apabila ibu yang sedang hamil mengonsumsi buah nangka dengan takaran banyak atau secara berlebihan bisa menyebabkan masalah pada janin. Janin akan mengalami peningkatan suhu sehingga menyebabkan kontraksi dini yang lebih awal belum pada waktunya. Hal tersebut dapat berakibat bayi yang akan lahir mengalami keguguran, tidak normal dan prematur.

5. Mengubah tingkat koagulasi pada penderita kelainan darah

Kelainan darah merupakan salah satu kondisi dimana mempengaruhi salah satu bagian dari darah atau beberapa yang menyebabkan darah tidak berfungsi dengan normal. Sedangkan koagulasi koagulasi (pembekuan darah) yaitu suatu proses pengumpulan cairan yang dapat membentuk gumpalan lunak ataupun keras layaknya gel.

Contoh koagulasi pada penderita kelainan darah adalah darah yang mengumpal saat mengalir ke luar tubuh. Jika anda sebagai penderita kelainan darah, sebaiknya menghindari mengonsumsi buah nangka jika tida ingin berakibat buruk.

6. Mengubah tingkat toleransi pada penderita diabetes

Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes, buah nangka merupakan salah satu pantangan yang perlu dihindari. Buah nangka mengandung glokusa sehingga dapat membuat penderita diabetes mengalami peningkatan gula darah lebih tinggi. 

Orang yang menderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan manis dan harus bisa membatasinya terutama buah nangka oleh karena itu hindarilah untuk mengonsumsi buah nangka sebisa mungkin. 

7. Dapat menyebabkan feses menjadi tidak normal

Kandungan serat pada buah nangka yang tinggi, bila dikonsumsi dengan jumlah yang besar buah nangka dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan menyebabkan kondisi feses tidak normal.

8. Dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi arteri adalah suatu kondisi kronis dengan tekanan darah yang ada di arteri meningkat. Hal ini dapat meningkatkan peningkatan kerja jantung lebih ekstra keras dari pada normalnya untuk dapat mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Baca Juga: Inilah Deretan Buah untuk Kesehatan Kulit Cerah dan Sehat

Adapun pantangan bagi penderita yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya jangan mengonsumsi buah nangka, dikarenakan kandungan buah nangka memiliki banyak kandungan thiamin, kalium, dan zat besi yang membantu memperlancarkan aliran darah. 

Jika penderita tekanan darah tinggi mengonsumsi buah nangka maka darah pada tubuh sang penderita darah tekanan darah tinggi tersebut akan meningkat secara drastis.