Cara Cepat Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Hingga Putih Berkilau



cara cepat memutihkan gigi


Semua orang menginginkan gigi putih yang sehat dan berkilau, akan tetapi banyak Faktor-faktor yang menjadikan gigi kuning sehingga membuat orang tidak percaya diri. Pada umumnya, manusia dilahirkan dengn memiliki gigi putih dan berkilau. Namun, lambat laun gigi putih tersebut berubah warna yang disebabkan oleh banyak faktor.

Baca Juga: Merahkan Kembali Bibir Hitam Dengan Menggunakan Bahan Alami Ini. Ampuh

Kebiasaan buruk seseorang dapat mempengaruhi perubahan gigi dari putih menjadi kuning. Kebiasaan buruk tersebut meliputi merokok, makanan, alkohol, minum teh, minum kopi dan sangat jarang menyikat gigi.

Makanan yang kita konsumsi terlalu dingin dan panas dapat merusak warna alami gigi terutama coklat, kopi, es cream, dan sebagainya. Sebenarnya dengan kita sering membersihkan gigi atau menyikat gigi setelah makan dapat membantu kita untuk menghindari perubahan warna gigi.

Jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan gigi kuning. Berikut cara memutihkan gigi kuning secara alami meliputi:

1. Menyikat gigi dengan rutin

Dengan menyikat gigi dengan rutin minimal dua kali dalam sehari setelah makan dan sebelum tidur dapat mencegah gigi menjadi kuning. Menyikat gigi dapat membersihkan mulut dari sisa makanan, kuman-kuman, dan bakteri sehingga dapat mengembalikan warna gigi.

Pilihlah pasta gigi yang cocok yang dapat anda gunakan setiap hari, terutama gigi yang sudah terlanjur menguning diperlukan pasta gigi khusus.Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan mulut dan gigi anda dan hindari memilih bulu sikat gigi yang keras karena dapat membuat gusi anda terluka.

Baca Juga: Tahukah Anda Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan? Baca Artikel Ini!

2. Meminum susu

Usahakan mengkonsumsi susu yang steril tanpa ada tambahan pewarna, dan rasa agar dapat mencegah gigi menjadi kuning serta membantu menjaga gigi tetap putih. Susu yang putih mengandung kalsium yang dapat memperkuat gigi dan memutihkan gigi.

Konsumsilah susu yang murni tanpa mengandung zat adiktif dan gula yang berlebih minimal dua kali dalam sehari agar bisa menghilangkan noda yang menempel pada gigi. Utamakan meminum susu yang hangat dan hindari meminum susu yang dingin karena suhu dingin bisa merusak gigi.

3. Biji pinang 

Biji pinang merupakan salah satu bahan alami memutihkan gigi dengan cara biji pinang tersebut dibakar hingga hangus dan kemudian dihaluskan sampai lembut. Biji pinang yang sudah dihaluskan digosokkan pada gigi dengan memakai kain katun.

4. Siwak

Siwak memang sudah jauh dikenal oleh orang-orang pada umumnya sebagai alat untuk memutihkan gigi dan membersihkan gigi sebelum adanya sikat gigi dan pasta gigi. Adapun cara penggunaan siwak untuk memutihkan gigi yang sudah menguning sebagai berikut:
  • Dengan menggunakan siwak yang tekstur lembut, siwak dapat kita peroleh dari akar tanaman siwak ataupun bagian batangnya.
  • Setelah itu haluskan siwak tersebut hingga menjadi bubuk.
  • Bubuk siwak dicampurkan dengan air yang sedikit dan kemudian dioleskan pada gigi anda.
  • Berkumurlah setelah lima menit dan kemudian bersihkan.
  • Lakukanlah perawatan ini dalam dua kali seminggu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
5. Minyak kelapa

Minyak kelapa ternyata sangat banyak manfaatnya terutama dapat dignakan untuk memutihkan gigi secara alami yang sudah menguning sekaligus mencegah plak yang menempel pada gigi. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:
  • Dengan menyiapkan satu sendok  makan minyak kelapa.
  • Oleskan minyak kelapa pada bagian gigi anda secara merata lalu diamkan hingga 10-15 menit.
  • Setelah itu ludahkan minyak kelapa yang sudah didiamkan tadi lalu kumur-kumur dengan air bersih.
  • Sikat gigi anda seperti biasanya.
Baca Juga: Mengerikan Dampak Buruk Dari Terapi Tanam Benang di Wajah

6. Garam dan lemon

Perpaduan garam dan lemon merupakan cara yang ampuh memutihkan gigi dan ampuh tuntaskan gigi yang kuning secara alami. Garam mengandung eksfoliator yaitu pengelupas alami yang bisa mengikis noda pada gigi anda, sedangkan lemon bisa melunturkan noda pada lapisan gigi dengan kandungan asam yang dimilikinya.

Berikut langkah-langkah penggunaan garam dan lemon yang bisa anda lakukan untuk memutihkan gigi:
  • Campurlah satu sendok teh garam dengan tetesan air lemon.
  • Campuran tersebut digosokkan pada gigi dan diamkan hingga 10-15 menit.
  • Berkumur-kumur dengan menggunakan air hangat.
  • Selain dari cara itu, anda bisa mengaplikasikan kulit lemon digosok secara langsung pada gigi selama beberapa menit, dan kumur dengan air.
  • Perawatan ini sebaiknya dilakukan dalam dua kali seminggu.
7. Baking soda

Baking soda merupakan serbuk halus yang sering digunakan untuk makanan terutama untuk pengembang kue. Baking soda juga sangat dikenal dan populer untuk memutihkan gigi yang sudah terlanjur menguning.

Sebaiknya anda menggunakan baking soda dalam satu atau dua bulan sekali guna menghindari krusakan gigi jika sering digunakan atau pemkaian secara berlebihan. Cara penggunaan yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Pertama buatlah pasta baking soda dengan dua sendok makan dan satu sendok makan air.
  • Pasta tersebut dioleskan pada gigi hingga tiga menit.
  • Berkumur dan bilas dengan air hangat.
8. Strawberry

Kandungan vitamin c dan asam ellagc yang terdapat dalam buah strawberry dapat membantu memutihkan gigi anda. Strawberry merupakan bahan yang alami memutihkan gigi dengan hanya mengunyahnya saja. Berikut caranya:
  • Strawberry digosokkan pada gigi dan diamkan hingga beberapa menit.
  • Cara lain dengan menghaluskan buah strawberry yang dicampurkan dengan satu sendok teh baking soda dan oleskan pada bagian gigi hingga merata selama dua menit.
  • Bilas dengan air hangat dan lakukanlah dua kali dalam seminggu.
9. Apel

Dengan mengkonsumsi apel secara langsung dengan cara dikunya secara rutin ampuh memperkuat gusi gigi dan memutihkan gigi yang sudah menguning. Apel bisa meningkatkan produksi air liur yang berfungsi untuk membunuh kuman pada mulut.

Baca Juga: Ternyata Inilah Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Penanganannya