Akibat Yang Akan Terjadi Jika Anda Menahan Bersin



Bersin merupakan suatu tekanan udara yang dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung dan juga mulut secara semi otomatis. Kadang sering kita lihat ada orang yang dengan sengaja menahan bersin dengan alasan karena malu bersin didepan orang banyak dan juga merasa tidak sopan. Padahal, menahan bersin tidak baik dan berbahaya untuk kesehatan dan juga dapat berakibat fatal.

Baca Juga: Ternyata Inilah Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Penanganannya

Bersin sering disebabkan oleh partikel asing yang mengganggu nasal mucosa atau membrane mucus. Mucosa atau membrane mucus adalah tipe jaringan yang lembap yang terdapat di dalam hidung Anda. Bersin yaitu mengeluarkan udara dengan paksa melalui mulut dan hidung dengan eksplosif serta spasmodic, yaitu berawal dari iritasi mukosa hidung.

Tak hanya itu bersin kadang juga dapat disebabkan oleh pencahayaan yang terlalu tinggi, perubahan suhu yang tiba-tiba, hembusan angin yang dingin, dan kadang juga karena perut yang terlalu penuh, bahkan serta infeksi viral.

Bersin berfungsi untuk mengeluarkan mucus. mucus adalah cairan yang terdapat didalam hidung atau lebih dikenal dengan sebutan ingus yang mengandung partikel asing atau iritan. Tak hanya itu, bersin juga berfungsi untuk membersihan rongga hidung Anda dari kotoran.

Berikut ini adalah akibat yang akan Anda dapatkan jika menahan bersin:

1. Dapat mengakibatkan patahnya tulang rawan yang berada di dalam hidung

Tahukah Anda, dengan menahan bersin dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, salah satunya dengan menahan bersin dapat menjadi berbahaya karena besarnya tekanan yang Anda tahan.

Jika Anda menahan bersin, tenaga yang seharusnya dikeluarkan oleh mulut dan hidung akan tertahan atau terhambat sehingga dapat mengakibatkan terjadinya pada bagian dalam tubuh. Efek pertama yaitu patahnya tulang rawan yang terdapat di dalam hidung. Oleh karena itu mulai sekarang stop menahan bersin, agar tulang rawan didalam hidung anda tidak patah.

2. Dapat mengakibatkan terjadinya mimisan

Jika Anda menahan bersin maka otomatis tekanan yang dihasilkan bersin tidak akan dapat keluar melalui hidung atau mulut, maka tekanan tersebut dapat mendesak pembuluh darah Anda, sehingga pembuluh darah pecah serta mengeluarkan darah dari hidung atau lebih biasa dikenal sebagai sebutan mimisan.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Terbukti Ampuh Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Cepat

3. Dapat mengakibatkan pecahnya gendang telinga

Hidung dengan telinga memiliki hubungan yang sangat erat dan juga terdapat saluran yang saling menghubungkan antara satu sama lain. Nah ketika Anda menahan bersin, tekanan yang tertahan dapat memaksa keluar melalui telinga dan selanjutnya akan menembus gendang telinga, tentunya pada akhir tidak akan mampu menahan kekuatan serta kecepatan bersin sehingga gendang telinga akan pecah dan pendengaran Anda pun menjadi rusak.

4. Dapat mengakibatkan gangguan pada pendengaran

Memiliki efek yang serupa dengan pecahnya gendang telinga, karena adanya relasi atau hubungan antara telinga dengan hidung. Akan tetapi jika Anda berada dalam kondisi yang tidak sepenuhnya dalam menahan bersin (sebagian bersin masih bisa keluar melalui hidung dan mulut). Hal ini dapat mengalami gangguan pendengaran karena tekanan dari bersin dapat mempengaruhi gendang telinga, tetapi tidak sepenuhnya akan merusak gendang telinga.

5. Dapat Mengakibatkan stroke

Stroke adalah suatu penyakit yang terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah di sekitar kepala Anda sehingga akan menyumbat suplai oksigen ke otak Anda. Stroke dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kegemukan, lemak yang berlebihan, penyempitan pembuluh darah, dan salah satunya adalah karena akibat dari menahan bersin.

Jika Anda menahan bersin maka akan memberikan tekanan pada bagian leher serta kepala, dan tahu kah Anda pembuluh darah merupakan organ yang paling umum yang akan terpengaruh guncangan akibat dari menahan bersin.

Guncangan akibat menahan bersin mampu menekan serta mampu menyempitkan pembuluh darah Anda, sehingga suplai oksigen ke otak Anda akan terhambat, ini terjadi  karena sumbatan darah di pembuluh darah yang menyempit.

6. Akan megakibatkan emfisema

Emfisema adalah suatu gangguan pernapasan. Dimana penyakit ini akan mengakibatkan saluran pernapasan menyempit serta akan menghambat suplai oksigen ke otak. Nah jika Anda menahan bersin maka akan menyebabkan trauma pada saluran pernapasan dan pada akhirnya akan menyebabkan kram yang akan menyempitkan saluran pernapasan tersebut.

7. Dapat mengakibatkan gangguan pada penglihatan
 

Apakah Anda pernah mendengar mitos mengenai jika menahan bersin maka mata akan lepas dari kepala? Tentu saja mitos tersebut tidak benar. Tapi dengan Anda menahan bersin memang akan memiliki efek pada penglihatan.

Baca Juga: Efek Bahaya Radiasi Sinyal Hp Ini Sering Diabaikan

Jika Anda sangat kuat menahan bersin, maka retina mata Anda akan mengalami kerusakan sehingga pada akhirnya akan menyebabkan kebutaan. Tidak hanya itu,  dengan menahan bersin juga dapat mengakibatkan kerusakan jaringan yang menghubungkan mata dengan otak Anda, sehingga pada akhirnya akan menyebabkan efek yang serupa yaitu kebutaan.

8. Dapat mengakibatkan radang pada tenggorokan

Jika Anda menahan bersin tidak terlalu kuat maka dapat melukai tenggorokan, karena adanya tekanan serta gesekan udara yang kuat di dalam tenggorokan Anda.

Nah itulah ulasan mengenai bahaya yang akan terjadi jika Anda menahan bersin. Jadi ntinya, dengan Anda bersin maka akan menjaga tubuh Anda agar tetap sehat, karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika Anda bersin maka secara tidak sengaja Anda telah
membersihkan hidung Anda dari bakteri serta virus.

Baca Juga: Merahkan Kembali Bibir Hitam Dengan Menggunakan Bahan Alami Ini. Ampuh

Nah ketika ada tanda-tanda bahwa Anda akan bersin, sebaiknya segera sediakan tisu atau sapu tangan dan lepaskan saja semuanya secara alami. Tidak perlu malu dengan orang sekitar Anda karena semua orang pasti akan mengalami bersin.