Tersendak Duri Ikan ? Jangan Panik Dulu, Lakukan Langkah-langkah Berikut


Tersendak Duri Ikan


Menelan tulang ikan, atau bahasa umumnya disebut ketulangan, membuat tenggorokan jadi sakit saat menelan makanan. Bahkan kalau tidak segera dilakukan tindakan akan menyebabkan iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan.

Menikmati lezatnya lauk pauk seperti ikan pastinya menggugah selera. Makan ikan bakar atau ikan goreng bersama teman dan keluarga memang sangat mengasyikan Di samping kelezatan rasanya, ikan juga dipenuhi nutrisi yang cukup tinggi terutama pada proteinnya.

Akan tetapi ketika tengah asik menikmati ikan, secara tidak terduga kadang-kadang duri ikan atau tulang ikan juga turut tertelan serta tersangkut di tenggorokan.

Mungkin ada dari anda yang pernah mengalami keadaan tidak menyenangkan ini yaitu duri yang tersangkut di tenggorokan. Biasanya duri yang tersangkut akan masuk ke dalam epiglottis atau anak lidah.

Duri yang tersangkut di dalam tenggorokan tidak boleh dianggap sepele dan harus segera di atasi. Duri yang tersangkut di dalam tenggorokan bisa memicu timbulnya berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya infeksi dari duri ikan itu sendiri. Bahkan kalau tidak segera dilakukan tindakan akan menyebabkan iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda tak sengaja menelan tulang ikan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Jangan menggunakan tangan!

Jangan sekali-kali Anda mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lagi jika Anda tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda.

2. Minum Air Putih Sebanyak-banyaknya

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika mengalami masalah dengan duri ikan yang tertusuk di daerah tenggorokan adalah dengan minum sebanyaknya supaya duri di dalam tenggorokan dapat ikut lepas dan tertelan.

Namun banyak orang yang mengalaminya tidak cukup ampuh karena biasanya air hanya berlalu saja tanpa ikut menarik duri yang tersangkut. Meskipun demikian tidak ada ruginya anda menggunakan cara ini.

3. Minum air hangat dan garam dapur

Anda bisa langsung mengambil segelas air hangat yang dicampurkan dengan sesendok garam dapur. Lalu minum air campuran garam tersebut.

Gunakanair hangat trsebut untuk berkumur. Iringan dengan mendekatkan air garam pada pangkal tenggorokan atau seperti agak menelannya. Ulangi sampai tiga kali, jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

4. Telan sekepal nasi atau kue bolu

Jika anda mengalami ketulangan atau masuknya duri ke dalam tubuh untuk mengeluarkannya pun bisa dengan makan nasi atau kue bolu supaya duri yang tertinggal dapat lepas dan ikut masuk ke dalam perut bersama nasi atau kue bolu tersebut.

Caranya anda tinggal makan nasi atau kue bolu namun sebelumnya agar di kepalkan dan di tempatkan di daerah dimana dirasa ada duri tersebut. Setelah itu cobalah menelannya karena hasilnya pasti akan lebih efektik dibandingkan dengan meminum air putih saja.

5. Makan pisang

Sama seperti makan nasi, Anda bisa mengonsumsi beberapa pisang yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sedang, dan menaruhnya di dalam mulut. Pastikan Anda tidak mengunyah! Setelah cukup lembab, perlahan-lahan telanlah pisang tersebut.

Agar menghindari tersendak, setelah menelan pisang, segeralah minum segelas air. Kelengketan pisang bisa menarik tulang ikan sehingga memungkinkan terlepas dari kerongkongan.

6. Tindakan Medis

Jika cara yang disarankan di atas tidak berhasil juga maka selanjutnya yang disarankan kepada anda adalah datang langsung ke dokter.

Biasanya dokter yang akan memeriksa adalah dokter umum atau dokter THT apabila dokter umum sudah tidak bisa mengatasi. Dokter THT memiliki kewenangan untuk memeriksa anda yang mengalami masalah ketulangan karena masih berhubungan dengan tenggorokan.

Dokter THT memilki alat khusus untuk mengeluarkan duri yang menempel di dalam tenggorokan, jadi akan lebih aman. Setelah itu dokter juga akan memberikan obat untuk meredakan peradangan dan segala kemungkinan bahaya yang akan terjadi.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika menelan duri ikan. Anda sebaiknya hati-hati ketika makan ikan ya. terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.