Tahukah Anda Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan? Baca Artikel Ini!





Ikan gabus merupakan ikan yang hidup di perairan air tawar, ikan ini termasuk ikan yang sedikit dibudidayakan namun, ikan ini hidup secara liar di banyak daerah. Biasanya ikan gabus ditemukan di daerah-daerah danau, rawa-rawa, sungai, persawahan, dan di perairan yang memiliki kadar oksigen yang rendah.

Habitat ikan gabus mudah kita temukan sehingga ikan gabus ini dikenal oleh banyak masyarakat di Indonesia. Ikan ini merupakan ikan predator karena terkenal rakus memangsa ikan-ikan kecil. Ikan gabus memiliki pertumbuhan yang besar dibandingkan dengan ikan lainnya, ada yang tumbuh hingga sepanjang 1 meter. Sehingga ikan gabus seringkali di tangkap dan dijual karena memiliki harga pasaran yang lumayan lah.

Banyak orang yang memanfaatkan ikan gabus yang memiliki nilai ekonomi ada yang menjualnya langsung, diasinkan, maupun olahan lainnya. Ternyata manfaat ikan gabus bagi kesehatan itu tidak tanggung-tanggung lho! Berikut penjelasannya.

Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Ikan gabus dikenal memiliki sumber protein yang sangat baik bagi tubuh kita. Protein yang dimiliki yaitu 25,5% dibandingkan dengan ikan-ikan yang lain, tak hanya itu ikan gabus juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Adapun manfaat ikan gabus bagi kesehatan diantara lain adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kadar Albumin di dalam Darah

Ikan gabus memiliki kadar albumin yang sangat kaya dan merupakan salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Albumin sangat berguna  dalam proses penyembuhan luka pada tubuh manusia. Albumin ini merupakan sebuah protein yang ada dalam jaringan plasma.

Albumin berfungsi untuk mengikat kandungan air yang ada dalam darah kita agar tidak bocor. Albumin sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit-penyakit, seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes melitus, dan juga sangat membantu dalam proses penyembuhan pasca operasi.

Kekurangan albumin bisa menyebabkan tubuh kekurang nutrisi, nutrisi yang ada pada tubuh kita tidak bisa disalurkan secara baik ke seluruh tubuh. Kekurangan albumin bisa mengakibatkan salah satu contoh yaitu kaki bengkak dan masalah-masalah lainnya. Dengan mengonsumsi ikan gabus masalah-masalah tersebut bisa teratasi.

2. Mempercepat Pembentukan Sel-Sel Baru Sehingga Luka Cepat Sembuh

Jaringan kulit yang terlalu lembab dan trombosit yang rendah mengakibatkan penyembuhan luka pada tubuh kita akan berjalan sangat lambat. Kadar albumin yang terkandung dalam ikan gabus sangat membantu proses pembentuka sel-sel yang baru sehingga mempermudah proses penyembuhan luka.

3. Menambah Asupan Energi, Sehingga Tubuh Tidak Mudah Lelah

Pada ikan gabus memiliki kadar kalori yang tinggi, satu kg ikan gabus sama dengan makan nasi 2 piring (690 Kkal), sehingaa dengan mengonsumsi ikan gabus tidak mudah membuat tubuh kita lelah atau lemas, karena ikan gabus berfungsi untuk menambah asupan energi bagi tubuh manusia.

4. Dapat Memperbesar Otot

Otot besar dan juga kuat merupakan keinginan oleh banyak orang. Untuk memperbesar otot seringkali dilakukan dengan cara berolahraga dan untuk memperbesar otot itu membutuhkan nutrisi yang banyak dan juga baik. Dengan mengonsumsi ikan gabus dapat membuat otot kita terbentuk dengan sempurna, tidak kendur dan kuat. Protein yang terkandung merupakan protein yang rendah lemak dalam ikan gabus.

5. Dapat Menaikkan Berat Badan

Mengonsumsi ikan gabus dengan kadar yang banyak merupakan salah satu cara untuk menaikkan badan kita. Dengan makan ikan gabus beserta dengan nasi merupakan kombinasi antara kaborhidrat dengan protein yang dapat memicu kegemukkan. Bagi anda yang ingin menaikkan berat badan dengan mengonsumsi ikan gabus bisa untuk menambah berat badan.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Daya tahan tubuh atau sistem imun merupakan kemampuan tubuh kita dalam menangkal semua jenis kuman yang masuk. Apabila daya tahan tubuh seseorang menurun maka sangat mudah sekali bagi kuman untuk masuk dalam tubuh, sehingga sangat mudah sait.

Jika kita memperhatikan pola makanan dan asupan nutrisi bagi tubuh maka daya tahan tubuh kita akan tercapai. Vitamin untuk sistem imun merupakan Vitamin B, Vitamin tersebut terdapat dalam ikan gabus dan sangat berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Menjaga Kesehata Mata

Vitamin A merupakan salah satu yang dapat menjaga kesehatan mata kita. Jika ingin mata sehat konsumsilah Vitamin A yang banyak, Vitamin A juga terdapat dalam ikan gabus tentu saja sangat berguna bagi kesehatan mata.

8. Salah Satu Sumber Protein yang baik Bagi Ibu Hamil

Ikan gabus memiliki protein yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin untuk ibu hamil. Ikan gabus merupakan sumber protein hewani yang sering direkomendasi untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

9. Menjadi Sumber Kalori yang Baik Bagi Pengidap Diabetes Melitus

Diabetes melitus merupakan kelebihan gula dalam darah. Bagi pengidap penyakit diabetes melitus sering untuk memilih milih makanan, dan juga dianjurkan pantangan oleh dokter. Sering kali bagi penderita bingung untuk makan makanan untuk kebutuhan dalam sehari-hari.

Ikan gabus merupakan salah satu pilihan yang baik untuk sumber kalori sehari-hari bagi pengidap penyakit diabetes melitus. Kadar kalori yang dimiliki ikan gabus cukup untuk menggantikan nasi. Jika makan nasi maka akan menaikkan gula darah.

10. Mempercepat Proses Penyembuhan Bekas Luka Operasi

Kandungan albunim yant ada pada ikan gabus dapat mempercepat proses penyembuhan bekas luka operasi. Albunim berperan dalam meregrenasi sel-sel yang mati, sel yang rusak yang diakibatkan oleh operasi bisa cepat sembuh. Konsumsilah ikan gabus untuk dapat mempercepat pengobatan daripada mengonsumsi obat yang banyak efek sampingnya.