10 Daftar Penyakit Berbahaya Yang Beresiko Menyebabkan Kematian


Daftar Penyakit Berbahaya

Penyakit berbahaya adalah penyakit yang tidak boleh dipandang sebelah mata, karena kalau tidak cepat ditangani makan akan beresiko terjadinya kematian. Oleh karena itu perlu sekali kita mengenal jenis-jenis penyakit yang berpotensi terjadinya kematian.

Sehingga kita bisa lebih waspada baik itu dalam menghindari maupun dlam mencegahnya terjadinya penyakit tersebut. Nah berikut adalah beberapa jenis penyakit berbahaya yang dapat beresiko terjadinya kematian:

1. Penyakit Jantung Iskemik (Jantung Koroner)

Sudah tidak terhingga lagi orang yang menderita penyakit jantung iskemik yang meninggal secara mendadak. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit areteri coroner. Hasil dari laporan discovery mengatakan 1 dari 100 orang beresiko terkena penyakit jantung iskemik ini, terutama pada pria yang tergolong sudah dewasa.

Penyebab dari terjadinya penyakit jantung iskemik adalah karena jarangnya berolahraga, kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh serta berminyak.

Penyakit jantung iskemik dapat dicegah dengan cara sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, sering berolahraga dan mengurangi mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi.

2. Penyakit Serebrovaskular (Stroke)

Penyakit stroke adalah penyakit pembunuh yang juga tidak bisa dianggap remeh. karena semakin kita hidup modern, ternyata penderitanya makin terus meningkat dan bertambah banyak.
Adapun penyebab dari penyebab stroke adalah karena kurangnya berolahraga, sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, tekanan darah tinggi dan adanya riwayat penyakit kolesterol.

Stroke dapat dicegah dengan cara sering melakukan olahraga, memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya serat, mengurangi makanan yang mengandung lemak serta selalu mengecek kolesterol anda.

3. HIV/AIDS

Human immunodeficiency virus atau sering disingkat dengan HIV, adalah penyakit yang membuat system kekebalan tubuh kita melemah. Tidak hanya itu, penyakit HIV juga membuat kemampuan immune tubuh kita menurun dengan sangat drastic sehingga mencapai ke titik yang sangat rendah.
HIV/AIDS ini bisa disebabkan karena melakukan hubungan seks secara bebas, jarum suntik, dan juga karena mengonsumsi narkoba. AIDS dapat dicegah dengan cara menggunakan alat kontrasepsi, jangan melakukan seks bebas atau jangan berganti-ganti pasangan, serta selalu gunakan selalu jarum suntik baru.

4. ISPA (Infeksi saluran nafas bawah akut)

Dari hasil riset di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa penyakit ISPA atau infeksi saluran nafas bawah akut ini adalah jenis infeksi yang paling mematikan dari pada jenis-jenis infeksi lainnya.
Penyebab terjadinya penyakit ISPA ini adalah karena padatnya hunian, kebakaran hutan dan juga karena polusi udara. Pencegahan penyakit ISPA dapat dilakukan dengan cara menggunakan ventilasi udara diruangan atau rumah, menghindari daerah kebakaran serta menghindari dari polusi udara.

5. Komplikasi Perinatal

Nah penyakit berbahaya selanjutnya adalah  penyakit komplikasi perinatal. penyakit ini juga sangat berbahaya, karena jika tidak segera ditolong akan berdampak terjadinya kematian. penyakit yang satu ini hanya di derita oleh ibu yang sedang dalam proses hamil atau juga diderita pada saat proses melahirkan. hasil riset menemukan, sekitar 500 ribu wanita meninggal setiap tahunnya akibat dari penyakit komplikasi perinatal.

Adapun bentuk dari komplikasi ini meliputi infeksi, pendarahan dan juga melakukan aborsi secara tidak aman. Fakta yang tidak disangka, ternyata di indonesia semakin tinggi terjadinya kematian karena penyakit ini. Adapun salah satu yang menjadi penyebab terjadinya penyakit ini adalah kurangnya pengetahuan terhadap kehamilan dan akibat dari kehamilan luar nikah yang menjadikan pembunuh yang sangat sadis.

6. Penyakit Diare

Dalam bahasa inggris penyakit diare dikenal dengan istilah dhiarrheal diseases. Diare adalah penyakit dimana penderita lebih sering mengalami buang air besar berair dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Akibatnya si penderita akan mengalami dehidrasi, apabila tidak segera ditolong akan beresiko terjadinya kematian. Penyakit ini menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Penyakit ini lebih beresiko menyebabkan kematian pada anak-anak dibawah 5 tahun.

7. TBC (Tuberkulosis)

Penyakit turberkulosis biasanya sering dengan istilah TBC. Bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit ini adalah bakteri mycobacteruim tibercullosis. Menurut WHO penyakit ini paling banyak terjadi di ASEAN, hingga mencapai 33% dari total kasus-kasus seluruh dunia. Penyakit ini biasanya menyerang bagian paru-paru, terkadang juga menyerang organ tubuh bagian lain.

Penyakit TBC ini sangat cukup mudah tersebar, yaitu bisa melalui kontak udara antara sipenderita dengan orang lain sehingga menjadikan penyakit ini golongan dari penyakit yang sangat berbahaya.

8. Malaria

Nah penyakit malaria ini hampir diderita oleh semua orang. Penyebab terjadinya penyakit ini adalah karena sel parasit plasmodium. Nyamuk yang membawa sel parasit tersebut mengigit kita sehingga tertularnya penyakit ini. Sel parasit akan berkembang biang sehingga merusak sel darah merah dalam tubuh.

Gejala awal yang dirasakan adalah membuat si penderita rentan sakit. Jika tidak cepat ditangani ke dokter makan akan menyebabkan kematian. Setiap 30 detiknya penyakit ini membunuh satu anak dalam setiap tahun. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak di daerah Afrika.

9. Kanker

Penyakit kanker ini telah mencapai angka kematian sekitar 25% atas kasus kematian seluruh dunia. Penyakit kanker merupakan kelainan dari sel yang tumbuh secara cepat dan juga tidak terkendali. Jika kelainan sel itu terus tumbuh maka akan menyerang serta merusak organ-organ tubuh disekitar pertembuhan sel tersebut.

10. Diabetes mellitus

Diabetes adalah jenis penyakit yang sering ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi dari kadar gula normal dalam jangka waktu panjang. Diabetes tipe 1, pankreas tidak mampu lagi untuk memproduksi insulin.

Kemudin pada diabetes tipe 2 pankreas tidak lagi memproduksi insulin dengan cukup sehingga insulin tidak lagi beroperasi dengan efektif. Ini disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, kurang melakukan olahraga dan juga berat badan yang berlebihan.

Nah itu dia 10 daftar penyakit yang tergolong sangat berbahaya, sehingga dapat sangat beresiko terjadinya kematian. Oleh karena itu jagalah kesehatan anda karena kesehatan itu sangat mahal harganya.