Menu Diet untuk Penderita Penyakit Jantung, Cocok Bagi Penderita yang Kebingungan Memilih Makanan



Diet untuk penyakit jantung


Penyakit jantung atau dalam bahasa medis disebut penyakit jantung koroner merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Penyebab yang diduga untuk penyakit ini yaitu tumpukan kolestrol pada pembuluh darah serta proses peradangan.

Penyakit jantung koroner akan merasakan nyeri pada dada disertai sesak napas, akibat pumbuluh darah koroner menyempit dan kurangnya aliran darah dan suplai oksigen terhambat. Jika aliran darah menuju jantung terhambat total maka penderita akan mengalami serangan jantung.

Tak heran jika penyakit jantung koroner termasuk dalam penyebab kematian tertinggi di dunia. Diet untuk penyakit jantung merupakan pantangan makanan bagi seorang penderita penyakit ini untuk tidak sembarangan makan makanan yang memicu sakit jantung kambuh lagi.

Menu diet bagi penderita penyakit jantung sangat lah penting untuk diketahui dalam menjaga keseimbangan kadar konsumsi makanan dan minuman, serta juga sangat cocok bagi penderita yang bingung untuk memilih makanan apa yang akan dikonsumsi.

Tujuan Diet untuk Penderita Penyakit Jantung

Menu diet ini dijamin aman untuk jantung, bagi para penderita juga tidak perlu khawatir karena menu ini sehat bagi jantung. Makanan dan minuman tentu saja harus diatur, adapun tujuan diet:

  1. Memberikan makanan yang cukup yang sesuai kebutuhan sehari-hari tanpa mempengaruhi atau memperberat kerja jantung.
  2. Jika pasien dengan tubuh yang gemuk bisa menurunkan berat badan.
  3. Mencegah serta menghilangkan edema yaitu bengkak yang disebabkan oleh penimbunan garam yang berlebih serta air di dalam tubuh.

Menu Diet untuk Penderita Penyakit Jantung

Menu diet ini merupakan menu yang sangat membantu untuk pemulihan bagi penderita dan juga menunjang pengobatan jantung. Adapun menu diet untuk penderita penyakit jantung adalah sebagai berikut:

Menu untuk Sarapan Pagi

Sarapan pagi bermanfaat untuk menambah tenaga atau stamina sebelum melakukan aktivitas dan hal yang penting dalam jadwal makan harian anda. Penderita penyakit jantung membutuhkan energi dari makanan yang mengandung kabohidrat tinggi. Berikut pilihan menu diet sarapan bagi penderita penyakit jantung:

  1. Telur goreng tebal dicampur dengan salmon serta sayuran
  2. Oetmeal yang dicampur dengan kacang-kacangan dan buah-buahan.
  3. Roti gandum
  4. Yogurt yang rendah lemak atau dengan keju cair.
  5. Buah apel.
  6. Pancake gandum dengan selai madu serta strawberry yang segar.
  7. Bubur jagung atau dengan bubur nasi merah.

Menu Makan Siang

Makan siang juga memiliki peranan penting untuk menambah energi anda dan sangat mempengaruhi aktivitas anda selanjutnya. Makan siang juga sangat baik dalam menjaga sistem metabolisme tubuh dan menghindari dari kelelahan dan tetap bisa konsentrasi. Berikut pilihan menu untuk makan siang:

  1. Jus wortel, sayuran dan salad buah-buahan.
  2. Sup labu dan campuran wortel, jus semangka, dan tomat panggang.
  3. Sop ayam dengan sayuran yang sudah dikukus.
  4. Roti isi dengan telur setengah matang dan daging panggang yang rendah yodium.
  5. Ikan panggang dan sayuran.
  6. Kentang rebus dengan brokoli dengan jus alpukat.

Menu untuk Makan Malam

Tentu saja anda membutuhkan makanan yang enak dan mengenyangkan perut setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Makan malam bagi penderita penyakit jantung haruslah selektif dalam memilih guna menunjang untuk pengobatan kesehatan jantung. Berikut menu untuk makan malam:

  1. Ayam tanpa kulit yang digoreng.
  2. Pizza dengan topping sayuran.
  3. Ikan salmon panggang dengan kol dan kentang.
  4. Sate ayam dengan kombinasi paprika serta nenas.
  5. Bistik ayam dengan bumbu italia.
  6. Pasta sayur-sayuran.
  7. Ikan kod goreng bersamaan tumis dengan kacang hijau.

Makanan yang Harus Dihindari

Makanan yang perlu dihindari bagi penderita penyakit jantung guna menghindari dari serangan jantung yang mendadak. Bagi penderita dalam memilih menu makanan harus makanan yang sealami mungkin. Dianjurkan untuk memakan makanan yang kaya kan nutrisi serta dimasak dengan cara yang baik dan sehat.

Makanan yang perlu dihindari bagi sipenderita terutama makanan kalengan, karena dapat membuat kerusakan jantung. Frozen foods, harus dihindari karena mengandung sodium, lemak yang tinggi, serta zat pengawet yang berbahaya bagi kesehatan jantung, seperti kentang goreng yang dibekukan, dan chicken nugget.

Makanan yang perlu dihindari selanjutnya, yaitu makanan yang cepat saji dan minuman yang cepat saji yang mengandung lemak jenuh kolestrol dan gula. Nasi putih juga perlu dihindari, kemudian berbagai macam snack dalam bentuk kemasan yang praktis seperti keripik-keripik, dan minuman-minuman soda dalam kemasan apapun.

Makanan dan minuman olahan juga perlu dihindari, karena banyak mengandung natrium di dalamnya. Bagi penderita juga usahakan untuk menghindari meminum kopi dan teh, dan minuman yang berakhohol. Bumbu masakan juga harus dihindari aalagi bumbu masakan dapur kemasan yang memiliki rasa pedas dan juga asam.

Langkah Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Adapun langkah-langkah pencegahan penyakit jantung koroner yang simple dan mudah guna menghindari dari penyakit jantung, sebagai berikut:

  1. Berhenti merokok.
  2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kolestrol tinggi, seperti kerang, udang, susu full cream, dan berbagai jeroan.
  3. Hindari mengonsumsi jenis kacang kacangan yang mengandung lemak tinggi, seperti kacang tanah, kacant mente, dan kacang bogor.
  4. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  5. Berolahraga secara teratur.
  6. Sering mengontrol kadar gula darah.
  7. Menjaga berat badan yang sehat.

Inilah beberapa pilihan menu diet bagi penderita penyakit jantung. Ingat, kunci sukses dan gagal itu ada pada tingkat kedisiplinan anda dalam menjalaninya. Mulailah untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat, semoga bermanfaat.