Mengenal Penyakit Angin Duduk Penyebab dan Tips Mencegah Angin Duduk




Penyakit Angina Pectoris atau Penyakit Angin Duduk adalah suatu keadaan dimana anda merasa nyeri pada bagian dada yang disebabkan oleh kurangnya pasokan darah pada otot-otot jantung. Serangan angin duduk atau angina ini bisa terjadi kapan saja tanpa ada tanda-tanda khusus tapi biasanya hal ini dikarenakan adanya penyempitan atau pengerasan pembuluh darah

Tidak hanya pada dada, angin duduk juga bisa menjalar keberbagai anggota tubuh lain seperti leher, punggung, rahang dan lengan sebelah kiri. Selain nyeri, gejala angin duduk juga bisa berupa sesak nafas, lelah, mual, keringat berlebih, serta pusing.

Apa Penyebab Penyakit Angin Duduk?

Seperti dijelaskan diatas bahwa angin duduk atau angina terjadi manakala otot-otot jantung mengelami kekurangan asupan darah atau oksigen sehingga darah yang mengalir dari jantung mengeras atau menyempit.

Penyakit angin duduk bisa terjadi pada siapa saja, akan tetapi pada umumnya penyakit ini lebih sering menyerang mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, riwayat penyakit diabetes atau kadar gula tinggi, hipertensi, orang yang sering stress, obesitas, perokok serta mereka yang jarang berolahraga.

Penyakit angin duduk atau angina lebih sering dialami oleh orang yang sudah berusia tidak lagi muda dan akan semakin beresiko ketika usia mencapai 45 sampai 55 tahun. Penyakit inipun lebih sering menyerang kaum pria daripada wanita. Gejala angin duduk pada wanita biasanya diawali dengan sering mual, sesak nafas, sakit perut sampai kelelahan yang tidak biasa.

Cara Mencegah Penyakit Angin Duduk

Penyakit Angin duduk bisa berbahaya karna bisa jadi ini adalah awal dari serangan jantung, maka diperlukan cara untuk mencegah penyakit angin duduk dengan mencegah hal-hal yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti;
  • Sering Mengontrol tekanan darah,
  • Membatasi dan mengurangi memakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi,
  • Pilihlah makanan sehat untuk anda konsumsi seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah dan sebagainya,
  • Sering lakukan aktifitas fisik bahkan berolahraga,
  • Jaga berat badan anda agar selalu seimbang dengan tinggi badan,
  • Sering lakukan pengontrolan terhadap gula darah,
  • Berhenti merokok apalagi mengkonsumsi minumal berakohol.

Cara Mengobati Penyakit Angin Duduk

Jika kudung terjadi, maka penyakit angin duduk harus segera diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan dengan resep dokter. Pastikan Anda segera menghubungi atau mendatangi dokter Anda untuk mendapatkan resep obat terbaik dari dokter kepercayaan Anda. Jika masih ringan bisa dikendalikan dengan menjalani pola hidup sehat dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang menjadi pemicu hadirnya penyakit angin duduk.