Manfaat Coklat Untuk Kecantikan Yang Jarang Diketahui



Siapa yang tidak suka dengan coklat? Makanan yang lezat dan manis ini banyak di gemari, tak hanya dari kalangan anak-anak saja, orang dewasa juga banyak yang menyukai “si hitam manis’ ini. Jika anda lagi bad mood, coklat di percayai bisa mengembalikan  mood  menjadi lebih baik dan ceria. Sejarah coklat berdasarkan namanya sendiri dari bahasa suku Aztec berasal dari nama xocoatl yang artinya minuman pahit.

Kemudian, coklat dibawa ke Spanyol dan masyarakat di sana memberinya campuran gula sehingga rasanya sangat enak. Seiring perkembangannya, saat ini coklat tidak hanya dijadikan sebagai minuman, tetapi juga makanan. Hingga banyak produk makanan coklat yang dijual di pasaran. Pada pertengahan abad ke-19, Swiss memulai mengembangkan dan memasarkan coklat sebagai makanan ringan. Swiss juga menjadi terkenal sebagai negara penghasil coklat terbaik.

Banyak yang bilang, bahwa coklat banyak memberi manfaat dari segi kesehatan maupun psikologis manusia. Coklat dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70% juga memiliki manfaat untuk kesehatan, karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan adanya antioksidan, akan mampu untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan.

Dengan adanya antioksidan, membuat coklat menjadi salah satu minuman kesehatan. Fenol, sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Selain itu kandungan lemak pada coklat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi.

Jika seseorang kekurangan magnesium, dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Dengan makan coklat akan menambah magnesium dalam asupan gizi harian yang menyebabkan meningkatnya kadar progesteron pada wanita. Hal ini mengurangi efek negatif dari PMS.

Tak hanya untuk kesehatan, coklat juga bermanfaat bagi kecantikan. Bagi Anda yang sangat peduli kecantikan, ini manfaat nya untuk kecantikan :

– Detoksifikasi kulit

Coklat juga ternyata bisa diaplikasikan menjadi sebuah produk kecantikan kulit terbaik. Dimana jika cokelat bubuk dicampurkan dengan kafein, maka akan bermanfaat bagi detoksifikasi kulit. Tak hanya itu, campuran coklat dan kafein juga bisa mengatasi kulit kusam dan berminyak.

– Anti-aging

Untuk perawatan area kulit luar, maka coklat bisa digunakan sebagai anti-aging alami. Kandungan flavonoid sebagai antioksidan berperan untuk mengencangkan kulit tubuh sehingga selalu terlihat muda dan segar. Adapun caranya dengan melelehkan cokelat ke dalam susu lalu aplikasikan pada kulit sambil melakukan pijatan. Lakukan ramuan coklat ini secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

– Scrub alami

Coklat bisa digunakan sebagai scrub alami untuk perawatan kulit. Dengan menggunakan scrub coklat, maka dapat mencerahkan kulit tubuh serta menghilangkan sel-sel kulit mati dalam tubuh. Caranya yaitu dengan melelehkan bubuk coklat, lalu campur dengan susu hingga berbentuk krim. Lalu, aplikasikan scrub coklat ini pada wajah dan leher.

Itulah beberapa manfaat coklat bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda rasakan ketika dikonsumsi maupun ketika dijadikan produk ramuan perawatan kulit.