Kenali Beberapa Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Pencegahannya



Penyebab Rambut Beruban


Rambut beruban biasanya sangat indentik dengan rambut nenek dan kakek. Namun, tak heran rambut beruban juga bisa tumbuh diusia muda. Beruban merupakan perubahan warna rambut dimana warna rambut asal bewarna hitam kemudian berubah menjadi putih.

Uban tidak selalu memandang usia baik usia anak-anak, remaja, dewasa, maupun tua mengalami hal yang namanya beruban. Rambut beruban yang tumbuh di usia muda sebenarnya tidak menganggu bagikesehatan tubuh kita. Namun, beruban di usia muda akan menganggu penampilan pada sebagian orang.

Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Meskipun tergolong masih muda, tetapi anda sudah beruban beberapa diantaranya disebabkan oleh banyak faktor-faktor seperti:

1. Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid merupakan gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid yang ada di bawah jakun bertugas mengatur sistem metabolisme dalam tubuh yang berperan penting bagi menusia. Penyakit tiroid merupakan salah satu diantara penyebab tumbuhnya rambut beruban.

Apabila tiroid yang kurang dan terlalu aktif dapat berpengaruh terhadap produksi melanin yang ada pada rambut sehingga menghasilkan uban yang prematur pada rambut anda. Sebaiknya, periksalah kadar tiroid anda apabila uban tiba-tiba muncul.

Baca Juga: Cara Memiliki Wajah Putih Alami dengan Cepat dan Mudah Hanya dalam 3 Hari

2. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 sangat berkaitan erat dengan tumbuhnya rambut beruban yang prematur. Vitamin B12 sangat berperan pentng dalam berfungsi normalnya otak dan sistem saraf, serta berperan juga dalam pembentukan darah. Vitamin B12 berperan dalm memberi nutrisi bagi rambut, sehingga sangat berpengaruh munculnya uban apabila anda kekurang Vitamin B12.

3. Faktor Genetik (Keturunan)

Memiliki rambut beruban merupakansalah satu alasan yang disebabkan oleh faktor keturunan. Jika kedua orang tua anda beruban, maka kemungkinan besar anda juga mengalami kelainan ini dan akan diturunkan kepada anda.

4. Kekurangan Vitamin C dan E

Apabila tubuh anda kekurangan Vitamin C dan E, makan akan menyebabkan rambut anda beruban dan menjadi abu-abu. Kekurangan Vitamin C dan E akan mengurangi jumlah sel-sel yang berfungsi untuk menghasilkan melanin yang merupakan penyebab rambut beruban.

5. Akibat Merokok

Selain berbahaya bagi kesehatan yang lain, ternyata merokok juga menyebabkan rambut anda beruban di usia muda. Merokok dapat menghasilkan radikal bebas yang menyebabkan menurunnya tingkat melanin dalam tubuh seorang perokok.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji merupakan gaya hidup yang tidak sehat yang terlalu sering mengkonsumsi Junk food. Jika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, maka sangat cenderung bagi anda memiliki uban di usia muda. Makanan cepat saji yaitu makanan olahan yang menyebabkan penuaan terhadap rambut dengan mengurangi produksi melanin. 

7. Stress yang Berlebih

Stress merupakan gangguan mental yang dihadapi oleh seseorang akibat adanya tekanan yang muncul dari kegagalan individu dalam pemenuhan keinginan, seperti guncangan bathin, sedih, syok, dan gelisah. Selain menyebabkan rambut rontok, stress juga dapat menyebabkan rambut beruban. 

8. Diet yang Salah

Diet yang salah merupakan diet yang tidak sesuai atau tidak seimbang. Diet yang salah mengakibatkan kekurangan suplai Vitamin dan mineral yang tepat bagi tubuh, sehingga tidak berjalan dengan baik. Selain menyebabkan rambut beruban, diet yang salah juga banyak berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Baca Juga: Ini Dia Jenis-Jenis Makanan Yang Bisa Membakar Lemak Di Perut, Cocok Untuk Diet !

9. Pewarnaan Rambut

Banyak orang mempercayai bahwa pewarnaan rambut merupakan solusi menghilangkan uban. Namun, pewarnaan rambut mempunyai zat pewarna yang dapat merangsang pertumbuhan uban pada rambut, sehingga pewarnaan rambut tersebut dapat memperbanyak tumbuhnya uban di kepala. 

Pewarnaan rambut hanya mampu memberikan warna lain saja pada uban, padahal pewarna rambut hanya bersifat sementara. Pewarna rambut mengandung zat-zat kimia yang dapat merusak sel-sel melanin. Sehingga, keseringan menggunakan pewarna rambut dapat merusak rambut anda dan juga munculnya uban.

10. Kekurangan Asam Folat

Asam folat merupakan Vitamin B9 yang mempunyai berbagai macam fungsi dalam tubuh terutama pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Kekurangan asam folat dapat memperlambat kerja pertumbuhan rambut anda, sehingga rambut bisa berubah warna menjadi abu-abu.

11. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang dalam tubuh dapat mengakibatkan tumbunyan rambut beruban secara prematur. Hormon berfungsi dalam mengatur kondisi kulit dan juga rambut.

12. Kondisi Kulit Kepala yang kotor

Kondisi kulit kepala yang kotor salah satunya ditandai dengan adanya ketombe yang diakibatkan oleh kulit kepala yang berminyak. Selain itu, kondisi kulit kepala yang kotor dapat menyebabkan tumbuhnya uban pada rambut. Maka, rawatlah rambut anda yang benar dan baik secara teratur agar terhindar munculnya uban.

13. Penggunaan Catok Rambut secara berlebihan (hair dryrer)

Keseringan mencatok rambut dapat membuat rambut anda menjadi rapuh, mudah patah, rambut bercabang, lemah dan juga kering. Hair dryer yang terlalu panas dapat mempengaruhi produksi melanin pada rambut sehingga rambut dapat beruban prematur.

Cara Pencegahan Rambut Beruban

Jika kulit kepala anda termasuk golongan yang sensitif, sebaiknya hindari penggunaan cat rambut dan juga penggunaan sampo yang terlalu berbusa. Kondisi tersebut dapat memicu dermatitis eksim pada kulit kepala anda. 

Adapun cara pencegahan rambut beruban di usia muda, berikut solusi yang efektif untuk mengatasinya:

1. Pola Makan

Dengan mengkonsumsi makanan harian yang kaya akan zat besi, mineral, natrium dan Vitamin B. Seringlah bagi anda untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang bergizi juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti halnya yang kaya akan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu melawan radikal bebas yang merupakan penyebab rambut beruban.

2. Pijat Rambut

Pijatlah rambut anda dengan menggunakan minyak kelapa yang dapat menjaga rambut panjang, hitam dan juga kuat. Selain itu rebusan daun kari dengan minya kelapa untuk pijat rambut juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah munculnya uban.

3. Menggunakan Glyco Vera secara berkala

Glyco vera merupakan obat untuk rambut beruban yang dapat membantu menggembalikan warna rambut secara alami yang berawal dari akar rambut anda. Glyco vera merupakan solusi yang efektif dan alami bagi rambut beruban.