Ini Dia 7 Manfaat Madu untuk Kecantikan yang Bisa Anda Gunakan



Madu merupakan cairan yang menyerupai sirup, berasa manis dan madu lebih kental, madu dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lainnya dari nektar bunga. Madu berasal dari kumpulan nektar bunga yang bercampur dengan air liur lebah lalu disimpan dalam sarangnya.

Madu sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat sejak dahulu, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat madu untuk kecantikan terutama pada kulit wajah telah populer dikalangan masyarakat pada umumnya.

Bagi setiap wanita, memiliki wajah yang sehat dan halus merupakan idaman dan impian. Madu sering kali digunakan dalam mempertahankan keindahan kulit. Kandungan dari madu kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potasium.

Madu dapat bermanfaat sebagai pelembab wajah bahkan dapat juga digunakan sebagai pelembab  bibir.selain itu, madu bisa dijadikan sebagai bahan masker untuk kulit kering, menghaluskan kulit kaki kering dan pecah-pecah, madu juga bermanfaat untuk lotion alami perawatan kulit dan madu bisa membersihkan kulit tubuh, kulit kepala, dan rambut.

Nutrisi yang terkandung di dalam madu terdiri dari jenis-jenis vitamin, seperti Vitamin C, Vitamin B9 (asam folat), Vitamin B2 (riboflavin), dan Vitamin B6 (niasin). Sedangkan mineral yang terkandung di dalam madu memiliki zat besi, terdiri dari fosfor, kalium, magnesium, dan zinc.

Menggunakan madu merupakan salah satu cara yang efektif, dan natural bagi kecantikan. Selain mudah didapatkan di toko-toko dekat rumah anda, madu sangat berperan dalam memelihara kecantikan kulit wajah.

Manfaat Madu untuk Kecantikan

Selain memelihara kecantikan pada wajah anda, madu juga dapat diminum secara rutin. Kandungan madu terdiri dari potasium, magnesium, dan kalsium yang sangat membantu meregrenasi sel-sel kuil wajah sehingga nampak terawat.

Setiap wanita selalu ingin tampil cantik dan percaya diri pastikan anda menggunakan madu untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Berikut pembahasan tentang manfaat khasiat dari madu untuk kencantikan.

1. Memutihkan Kulit Wajah 

Penggunaan madu secara rutin dan teratur pada wajah anda dapat memutihkan kulit wajah, hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalm madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah anda sehingga sangat efektif madu dapat memutihkan wajah.

2. Membersihkan Wajah dan Melembabkan Kulit Wajah

Wajah yang kotor dan berdebu yang menempel pada wajah setelah anda beraktifitas madu merupakan bahan yang alami sangat efektif dan sesuai untuk membersihkan kulit wajah anda. Untuk mendapatkan kelembaban kulit dan wajah yang putih anda bisa mengaplikasikan madu langsung ke kulit wajah dan oleskan secara merata dibagian wajah.

Setelah mengoleskan madu di bagian wajah biarkan 10-15 menit, lalu bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk yang halus. Gunakanlah madu secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah sering disebabkan oleh bekas jerawat dan paparan sinar matahari yang berlebih di wajah. Tentu saja flek hitam di wajah sangat menganggu anda dalam berpenamapilan dan pastinya anda ingin menyingkirkannya dari wajah sesegera mungkin.

Untuk menghilangkan flek hitam di wajah anda bisa mencoba menggunakan bahan alami yaitu dengan menggunakan madu. Langkah pengaplikasinya dengan mencampurkan 2 sdm madu dan 1 sdm lemon yang segar. Bahan tersebut lalu diaduk hingga merata kemudian oleskan ke kulit wajah dan diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

4.Mencegah Penuaan Pada Kulit Wajah

Wajah yang awet muda merupakan keinginan dan dambaan semua orang, kamu bisa mencegah penuaan pada kulit hanya dengan menggunakan madu. Manfaat madu untuk kecantikan memang bisa diajungi jempol karena madu mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
Kandungan vitamin yang dimiliki madu sangat berperan aktif dan bermanfaat dalam mencegah penuaan-penuaan pada kulit. Lakukan perawatan kulit dengan menggunakan madu secara teratur setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Menghilangkan Jerawat di Wajah dan Noda Bekas Jerawat

Madu yang murni memiliki fungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit. Sifat antibakterial yang ada pada madu bisa mengurangi peradangan atau infeksi terhadap jerawat dan noda bekas jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat di wajah sekaligus noda bekas jerawat cukup dengan menyiapkan madu dalam kondisi yang hangat, lalu oleskan pada bagian jerawat atau di bagian noda bekas jerawat anda. Diamkan selama 2 hingga 3 jam lalu bersihkan dengan
air hangat. Agar hasil yang maksimal lakukanlah secara rutin.

6. Menghilangkan Mata Panda

Lingkaran hitam di kantung mata yang terlihat besar dan hitam sering disebut dengan mata panda. Mata panda tentu sangat menganggu penampilan dan menyebabkan kurangnya rasa percaya diri kita. Mata panda disebabkan oleh:
  • Kurang tidur/kurang istirahat
  • Adanya suatu penyakit
  • Disebabkan oleh keturunan
  • Paparan dari sinar matahari
  • Akibat penggunaaan make up
Nah, mata panda memang membuat kita kurang semangat dan menurunnya rasa percaya diri. Untuk menghilangkan mata panda atau kantung mata anda bisa menggunakan madu yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi hitam dibawah mata.

Cukup dengan mengoleskan madu di bagian kantung mata yang hitam lalu diamkan hingga 15 menit. Setelah selesai kemudian bersihkan. Lakukanlah secara teratur agar bisa mencapai hasil yang memuaskan.

7. Kulit Wajah Menjadi Lebih Kenyal

Selain digunakan untuk obat, madu sangat bermanfaat untuk kecantikan dan madu juga kerap kali dipakai pada produk kecantikan. Penggunaan madu pada kulit wajah sangat berguna dalam menutrisi kulit wajah anda dan membuatnya menjadi lebih kenyal.

Madu memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral yang sangat berperang dalam membantu peremajaan kulit sehingga menggunakan madu bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal. Madu murni merupakan pilihan yang baik untuk diaplikasikan ke kulit wajah.