Gigi Anda Sering Terasa Ngilu ? Begini Cara Mengatasinya


cara mengatasi gigi ngilu

Kamu pasti pernah merasakan gigi ngilu, pasti gak enak banget kan. apalagi disaat kita enak-enaknya menikmati  es krim kesukaan, eh tiba-tiba terasa ngilu, duhhh.. nyesek banget deh pokoknya.

Gigi ngilu atau sering juga disebut dengan gigi sensitif dapat mengakibatkan aktivitas sehari-hari kita sangat terganggu, misalnya susah makan, minum minuman yang dingin, bahkan menyikat gigipun menjadi menyakitkan. Namun dengan kita mengetahui penyebabnya, maka kondisi ini dapat kita atasi. Kenapa sih gigi kita kadang terasa ngilu atau menjadi sensitif ?

Nah. Gigi sensitif atau gigi terasa ngilu biasanya disebabkan karena lapisan email terkikis atau terpaparnya akar dari gigi tersebut. Gigi kita akan berubah menjadi sensitif ketika gusi dalam keadaan terbuka. Sehingga dentil atau lapisan bawahnya terpapar dengan berbagai rangsangan.

Dentil ini sendiri terdiri dari bagian dalam gigi dan juga akar yang terhubung dengan ribuan saluran-saluran kecil yang tertuju pada saraf pusat gigi. Nah kondisi ini dapat menyebabkan paparan dingin dan panas, atau sering juga menyebabkan gesekan keras yang akhirnya dapat memicu rasa ngilu.

Baca Juga: Cukup Gunakan Bahan Alami Ini Dan Dapatkan Bulu Mata Yang Lebat Dan Indah

Tapi tidak hanya itu, gigi ngilu juga bisa terjadi karena disebabkan oleh pemakaian behel. Umumnya gigi kita tidak terbiasa dengan menggunakan behel. Sehingga ketika kita menggunakan behel, maka akan memberikan reaksi rasa yang ngilu, dan terkadang ngilu yang terasa tidak tertahankan.

Nah, jika ngilu yang Anda rasakan disebabkan oleh pemakaian behel, sebaiknya anda dapat mendatangi dokter gigi. Mengonsultasikan langsung dengan dokter gigi adala pilihan terbaik yang dapat anda lakukan. Namun kebanyakannya sebagian dari gigi ngilu ini memang disebabkan oleh gigi yang sensitif.

Adapun faktor-faktor lain yang sering menjadi pemicu gigi ngilu adalah sebagai berikut,

•    Lubang yang terdapat pada gigi.
•    Gigi yang berlubang dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri.
•    Efek samping dari prosedur yang dilakukan di dokter gigi, contohnya seperti pemutihan gigi.
•    Radang yang terjadi pada gusi (gingivitis).
•    Sering menyikat gigi terlalu kuat atau kencang.
•    Menumpuknya plak.
•    Sering mengonsumsi makanan dan minuman yang asam.

Cara Mengusir Ngilu Di Gigi
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksanya ke dokter gigi. Dokter akan mendeteksi apa saja penyebab dari gigi ngilu yang Anda rasakan berdasarkan pemeriksaan, riwayatnya dan juga gejala-gejala yang anda rasakan. Selain tu ada beberapa hal yang menjadi solusi yang juga dapat Anda lakukan.

1. Menggunakan Pasta gigi formula khusus untuk gigi sensitif
Cobalah memakai pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi yang sedang sensitif. Dengan begitu dapat membantu merendam ngilu pada gigi Anda

2. Olesi flouride
Ketika Anda ke dokter gigi, maka dokter dapat mengolesi gigi sensitif Anda dengan flouride dan kemudian dokter gigi meresepkannya untuk dipakai dirumah, dengan tujuan agar dapat memperkuat email gigi Anda dan juga merendam linu.

3. Menebalkan atau mengikat
Permukaan akar gigi Anda yang sudah terpapar, akan dapat ditangani dengan proses lapisan pengikat, lapisan pengikat ini sering disebut dengan istilah bonding resin. langkah selanjutnya yaitu diaplikasikan pada akar gigi. Namun proses ini biasanya membutuhkan pembiusan lokal.

4. Membedah gusi
Akar gigi Anda yang tidak ada lagi lapisan gusi akan berakibat gigi terasa ngilu atau linu. Nah oleh karena itu solusi yang bisa dilakukan ialah dengan cara pengambiln gusi dari bagian lain, kemudian gusi tersebut dipasang lagi pada bagian yang hilang tadi.

5. Salurang akar (root canal)
Proses ini dilakukan dengan merawat pulpa. Cara ini dilakukan jka perawatan lain tadi sudah tidak berkerja efektif, dan rasa nyeri yang Anda alami sudah tidak tertahankan lagi.

Menjaga Kesehatan Gigi
Meyadari mahalnya biaya dan rumitnya dalam perawatan gigi seperti yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya Anda dapat mencegah terjadinya kondisi tersebut sebelum benar-benar terjadi. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

1. Anda bisa mulai dari cara yang paling paling sederhana adalah dengan menjaga kesehatan serta kebersihan gigi. Sikatlah gigi dua kali sehari. Pilihlah bulu sikat yang lembut dan juga pasta gigi yang berflouride.

2. Jangan menggosok gigi terlalu sering dan hindari juga menggosok dengan kasar. Hindari memakai pasta gigi dengan kadar yang mampu menyebabkan lapisan-lapisan  gigi Anda rusak.

3. Jangan lakukan mengasah gigi karena mengasah gigi dapat menyebabkan gigi  Anda menjadi sensitif dan retak.

4. Jangan sering mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, contohnya minuman yang bersoda, yogurt, dan juga jeruk sitrus. Karena minuman tersebut dapat mengikis sebagian dari email secara gigi terus-menerus. Minumlah dengan menggunakan sedotan karena dengan cara itu akan dapat mengurangi risiko ini.

5. Sering-seringlah minum air mineral. Karena air mineral dapat  menormalkan kadar asam di mulut Anda usai minum susu dan juga minuman berasam.

6. Jangan pernah langsung menyikat gigi Anda setelah mengonsumsi makanan ataupun minuman yang berasam, karena Asam mampu membuat email gigi Anda menjadi lebih lunak sehingga  mudah sekali terkikis saat disikat. Maka sebaiknya setelah Anda mengosumsi makanan dan minuman dengan kadar asam yang tinggi tunggu dulu satu jam, baru anda menyikat gigi.

Baca Juga: Cara Memiliki Wajah Putih Alami dengan Cepat dan Mudah Hanya dalam 3 Hari

Nah dengan Anda mencegah dari penyebab-penyebab gigi agar tidak menjadi sensitif, Anda juga tidak perlu khawatir lagi ketika mengonsumsi makanan kesukaan. Gigi anda tidak akan terasa ngilu lagi ketika menyantap es krim atau makanan dingin lainnya.