Bunda, Tingkatkan Produksi ASI Dengan 10 Jenis Makanan Ini


Makanan Memperlancar ASI
Menyusui merupakan moment yang begitu menyenangkan sekaligus membahagiakan bagi setiap ibu. bagaimana tidak, menyusui merupakan bentuk kasih sayang yang dicurahkan seorang ibu kepada anaknya. Apalagi ASI ( Air Susu Ibu) yang keluar tidak macet atau diproduksi dengan baik. Sehingga anak tersayang dapat minum ASI dengan nikmat dan juga kesehatan bunda dan bayi terjaga dengan baik.

Sayangnya, di era zaman yang sekarang ini, banyak sekali wanita diluar sana yang sibuk karena berstatus sebagaiwanita karir, sehingga pola makan kurang sehat, kurangnya istirahat dan juga kesempatan menyusui kadang begitu singkat. Sehingga banyak sekali wanita yang ASI nya keluar dengan tidak lancar dan produksi ASI juga menurun.


Baca Juga: Ini Penyakit yang Ditimbulkan Karena Sering Menahan Buang Air Kecil (Kencing)

Nah jika ASI yang keluar tidak lancar bunda jangan khawatir dulu. Sebenarnya ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Makanan-makanan ini sangat baik manfaatnya untuk binda dan buah hati. Selain sehat makanan ini juga enak dan mudah ditemukan terutama di super market, pasar-pasar, bahkan bunda juga dapat menemukannya di kebun loh. Penasaran ? yuk langsung saja simak !

Berikut 10 jenis makanan tersebut.

1. Mengkonsumsi Sayur Bayam
Selain enak, ternyata si hijau ini juga mempunyai manfaat untuk bunda menyusui. Bayam sangat baik karena kaya akan zat besi dan nutrrisi-nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil.  Bunda dapat mengolah bayam dengan direbus, dimasak sayur ataupun dijus.

2. Mengonsumsi Daun Katuk
Daun katuk sudah sangat dipercaya dari zaman dahulu karena memiliki nutrisi yang sangat baik  untuk ibu hamil maupun untuk ibu yang sedang menyusui. Daun katuk dapat dikatakan sebagai sumber makanan yang sangat membantu untuk menghasilkan ASI yang banyak dan lancar. Daun katuk dapat bunda konsumsi denga cara dimasak sayur bening, dijus, ataupun bisa juga dimasak sebagai campuran bubur nasi.

3. Mengonsumsi Oatmeal
Oatmeal adalah jenis makanan yang sangat rendah lemak, tetapi tetap mengandung nutrisi serta vitamin yang sangat baik untuk menu diet selama bunda menyusui buah hati. Tidak hanya dapat menyehatkan, ternyata oatmeal juga mampu membantu memperlancar produksi ASI.

Bunda dapat mengkonsumsi oatmeal bersama buah-buahan, diolah dengan sayur, dicampur dengan yoghurt, kacang merah, atau juga dapat dicampur lagi dengan susu sehingga akan lebih nikmat dan segar ketika akan disantap.

4. Mengonsumsi Beras Merah
Beras merah juga bagus dijadikan sebagai menu diet selama bunda menyusui. Dengan mengonsumsi beras merah dalam porsi yang sesuai, maka sangat membantu bunda dalam memperlancar produksi ASI. Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam beras merah tak hanya baik untuk bunda dan buah hati, ternyata juga bisa memperlancar sistem pencernaan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh bunda dan buah hati dan juga mampu membantu menurunkan berat badan.

5. Mengonsumsi Bawang Putih
Meski terkadang sebagian orang sangat membenci bau tidak sedap dari bawang putih, tapi bawang putih sangat kaya akan vitamin, nutrisi, bahkan juga mengandung antioksidan baik yang mampu membantu bunda memperlancar produksi ASI dan memperbanyak ASI. Tidak hanya itu, bawang putih juga mempunyai nutrisi yang sangat efektif dalam menstabilkan tekanan gula darah dan juga tekanan darah dalam tubuh kita.

Pada umumnya bawang putih sering diguanakan sebagai bumbu dalam masakan. Maka anda dapat mengonsumsi bawang putih dengan cara dicampurkan dengan bahan lain sehingga menghasilkan makanan yang enak. Namun jika anda suka memakannya secara langsung boleh juga.

6. Mengonsumsi Sayur Labu
Dengan mengonsumsi sayur labu saat menyusui sangat bermanfaat untuk membantu mendapatkan produksi ASI yang baik dan juga memperlancara ASI. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi sayur labu ternyata juga bisa membantu mencegah kanker secara efektif, karena bisa menjadi sumber antioksida yang alami. juga dapat menjadi sumber energi dan dapat menyehatkan sistem pencernaan kita.

7. Mengonsumsi Biji Almond
Selain dapat megenyangkan, rasa dari biji almond sangat enak dan gurih. Tidak hanya itu, biji almond bahkan menjadi salah satu daftar makanan yang sehat dan baik dikonsumsi secara rutin. Nutrisi didalam biji almond juga sangat dipercaya mampu memperlancar produksi ASI bagi bunda yang sedang menyusui. Bunda dapat menjadikannya cemilan, atau di olah dengan campuran susu.

8. Mengonsumsi Susu
Siapa sih yang tidak kenal dengan susu. Anda pasti sudah sering mengonsumsi susu. susu sangat baik di konsumsi karena memiliki segudang kebaikan manfaat yang sehat. Nutrisi dan vitamin sangat bagus untuk pertumbuhan dan juga untuk memperlancar produksi ASI.

9. Mengonsumsi Wortel
Dari dulu, wortel sudah dikenal mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi tidak hanya itu saja, nutrisi sayuran ini juga sangat sangat bagus untuk ibu menyusui. Sayuran berwarna orange ini mampu meningkatkan produksi ASI secara berlimpah loh bunda. Selain bagus untuk bunda juga bagus untuk buah hati. Konsumsi wortel setiap hari dan rasakan manfaatnya.

10. Mengonsumsi Kurma
Ternyata dibalik rasanya yang enak, kurma juga memiliki sejuta manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Kurma dapat membuat tubuh kita menjadi kukuh dan menjadi sumber energi. Selain itu, kurma juga sangat dipercaya dapat membantu dalam meningkatkan dan memperlancar produksi ASI bagi bunda menyusui.

Nah Bunda, itu dia daftar makanan-makanan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu, makanan-makanan tersebut juga dapat menyehatkan tubuh serta enak untuk dikonsumsi.