Bahaya Penyakit Batu Empedu, Penyebab dan Cara Pencegahannya


Batu empedu merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pada kantong empedu oleh batu-batu kecil yang berasal dari kolesterol yang atau lemak yang mengeras dalam cairan empedu menjadi batu-batu kecil. Batu empedu atau yang bisa juga disebut koledokolitiasis memiliki beberapa ukuran mulai dari ukuran sebutir pasir sampai sebesar bola golf.

Anda akan merasakan sakit mendadak yang cukup hebat manakala batu empedu menyumbat bagian ujung dari kantung empedu nyeri sakit yang Anda rasakan ini biasa disebut dengan nyeri kolik yang bisa bertahan berjam-jam. Kantung empedu sendiri merupakan organ dibawah hati yang memiliki bentuk seperti buah pir berfungsi sebagai tempat menyimpan cairan empedu.

Bahaya Batu Empedu

Batu empedu tidak bisa dianggap remeh, karna memang proses terjadinya batu empedu sangat menyakitkan dan terjadi secara mendadak dalam beberapa jam. Bahaya yang ditimbulkan dari batu empedu bisa memunculkan komplikasi penyakit lain seperti inflamasi kantong empedu serta munculnya peradangan pada kandung empedu yang mengakibatkan penderita akan merasakan sakit di perut sebelah kanan yang sangat hebat.

Selain itu, penyakit batu empedu bisa mengakibatkan usus tersumbat, peradangan pada pangkreas, timbulnya sel kanker, menurunan bobot tubuh yang tak sehat, membengkaknya empedu sehingga mempercepat terjadinya penyakit gagal ginjal, menyumbat saluran empedu yang menyebabkan cairan empedu menumpuk dan berpindah ke hati dari sini tubuh akan lunglai sebagai gejala bahwa metabolisme tubuh dalam keadaan darurat.

Penyakit Batu empedu juga mengakibatkan kantung empedu pecah, menjadi penyebab kematian bayi dalam kandungan, mengacaukan hormon,  serta bisa terjangkit penyakit anemia berat dan menyebabkan infeksi hati.

Tips Mencegah Penyakit Batu Empedu

Cara mencegah penyakit batu empedu adalah dengan melakukan diet sehat dan seimbang seperti mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat tinggi seperti nasi, berolahraga yang rutin untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah dan tubuh, menghindari mengkonsumsi makanan yang berlemak jenuh dan trans seperti jeroan.

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran serta buah setiap hari dan biasakan untuk merebus atau mengkukus makanan yang akan dikonsumsi bukan digoreng.

Pengobatan penyakit batu empedu bisa dilakukan dengan kontrol dokter dan mengkonsumsi obat-obatan yang sesuai resep dokter, pada beberapa kasus, penyakit batu empedu dilakukan operasi pengangkatan kantong empedu, biasanya operasi ini disebut dengan operasi 'lubang kunci' yang dalam bahasa medisnya disebut kolesistektomi laparoskopik.

Demikian sekilas tentang bahaya penyakit batu empedu, semoga bermanfaat, baca juga penyakit lainnya di: Penyakit A-Z