Manfaat Yang Terkandung Dalam Minyak Kemiri Sangat Bagus Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut



Agar kecantikan yang Anda miliki terlihat alami, akan lebih baik bila Anda juga memakai bahan alami. Bahan alami yang digunakan untuk mendapatkan kecantikan tersebut bisa terdiri dari bermacam buah-buahan, sayur-sayuran, bumbu dapur yang sering kita gunakan, dan salah satu bahan alami yang sering kali kita gunakan yang sangat bagus untuk kecantikan yaitu minyak kemiri.

Seperti yang kita tahu, kemiri biasanya sering digunan sebagai campuran dalam bumbu masakan. Namun sekarang kemiri sudah banyak diolah menjadi minyak atau biasanya lebih dikenal dengan sebutan minyak kemiri. Minyak kemiri sendiri kaya sekali akan manfaatnya, salah satunya mempunyai manfaat untuk kecantikan, baik itu untuk kecantikan kulit maupun untuk kecantikan rambut.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Terbukti Ampuh Memutihkan Kulit Tubuh Dengan Cepat

Didalam minyak kemiri mengandung saponin, flavonida, dan juga zat gizi mikro lainnya yaitu protein, lemak serta mengandung juga karbohidrat. Tidak hanya itu kemiri juga mengandung banyak sekali mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan mengandung vitamin A, B1 folat, serta terdapat fistaterol yang mampu menghambar kolesterol.

Nah dengan kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat banyak, jadi tidak heran lagi jika pada minyak kemiri terdapat banyak sekali manfaat serta khasiat untuk kecantikan. dibawah ini beberapa manfaat minyak kemiri untuk kecantikn kulit serta rambut:

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kecantikan Kulit

1. Dapat membantu melembabkan kulit

Manfaat pertama yang terdapat dalam minyak kemiri untuk kecantikan kulit Anda adalah mampu melembabkan kulit. Nah hal ini merupakan solusi yang sangat cocok sekali bagi Anda yang memiliki masalah kulit yang kusam dan kering.

Stearat yang terkandung pada kemiri yang mampu menjadikan kulit Anda lebih lembab serta kenyal, sehingga sangat membantu Anda terhindar dari masalah kulit kering serta kusam.

2. Dapat melindungi kulit dari sinar UV

Seperti yang telah kita ketahui sinar UV berbahaya untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit, karena sinar UV dapat membuat kulit Anda menjadi lebih gelap,kering serta keriput, bahkan dampak paling berbahaya dari sinar UV adalah dapat menyebabkan kanker kulit.

Nah untuk melindungi kulit Anda dari bahayanya paparan sinar UV Anda dapat menggunakan bahan alami yaitu minyak kemiri. Kandungan senyawa didalam minyak kemiri dapat membantu melingdungi kulit Anda ketika sedang beraktivitas di siang hari. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi kulit anda akan rusak bahkan untuk beraktivitas di siang hari.

3. Dapat membantu mengencangkan kulit

Memiliki kulit yang kencang, kenyal bahkan terlihat awet muda adalah dambaan dari setiap orang terutama wanita. Nah salah satu caranya Anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk perawatan supaya kulit anda terlihat lebih kencang dan awet.
Dalam minyak kemiri terdapat vitamin E yang berguna sebagai steroid kulit sehingga mampu membuat kulit Anda menjadi lebih kencang serta selalu terjaga kekenyalannya.

4. Dapat mencegah terjadinya keriput serta penuaan pada kulit

Masalah keriput dan juga masalah tanda penuaan lainnya yang sering terjadi pada kulit merupakan mimpi buruk yang sangat menakutkan bagi semua kaum wanita. Bagaimana tidak dengan adanya keriput atau penuaan dini akan membuat wanita tampil tidak percaya diri.
Tapi Anda tidak perlu khawatir dulu, karena masalah keriput atau penuaan dini sebenarnya dapat dicegah dengan bahan alami, salah satunya dengan menggunakan minyak kemiri. Caranya penggunaanya sangat mudah yaitu Anda bisa menjadikan minyak kemiri sebagai masker wajah.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Angin Duduk Penyebab dan Tips Mencegah Angin Duduk

5. Mampu mengangkat sel kulit mati serta dapat meremajakan sel kulit

Selain membuat kulit  terlihat gelap, sel kulit mati juga dapat membuat kulit Anda terlihat kusam. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan minyak kemiri akan membantu meremajakan kembali sel kulit Anda.

Sel kulit yang sudah mati akan diganti lagi dengan sel kulit baru, sehingga kulit Anda akan terlihat lebih halus serta awet kembali. Cara penggunaanya yaitu Anda dapat mengoleskan minyak kemiri pada kulit wajah Anda sambil memijatnya dengan lembut.

6. Mampu mencerahkan wajah

Berkat kandungan alaminya, minyak kemiri juga mampu membantu mencerahkan wajah loh. Anda bisa jadikan minyak kemiri sebagai masker. Siapkan kira-kira dua sampai tiga sendok minyak kemiri, secangkir santan serta satu sendok jahe yang sudah diparut.
Campur semua bahan tersebut kemudian aduk hingga rata, lalu oleskan keseluruh wajah Anda secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesuburan Rambut

Tidak hanya baik digunakan untuk kecantikan kulit, ternyata minyak kemiri juga sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesuburan rambut, berikut penjelasannya:

1. Membantu mempercepat pertumbuhan rambut

Bagi Anda yang mengalami masalah pada rambut, misalnya rambut rontok atau bahkan masalah salah memotong rambut, nah Anda nggak perlu khawatir lagi karena minyak kemiri dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Minyak kemiri mampu merangsang pertumbuhan rambut Anda sehingga rambut  akan lebih cepat tumbuh atau panjang kembali. Cara penggunaanya yaitu Anda dapat menjadikan minyak kemiri sebagai masker rambut.

2. Mampu membantu menyuburkan bulu mata dan alis

Alis super tebal dan luas merupakan dambaan sebagian wanita, karena dengan alis yang tebal membantu meningkatkan fitur wajah sehingga Anda akan terlihat lebih menarik. Minyak kemiri tidak hanya membantu menyuburkan rambut dan alis saja, tetapi juga dapat membuat bulu mata Anda lebih subur, lebat,panjang sehingga bulu mata akan nampak lebih cantik.

Baca Juga: Gigi Anda Sering Terasa Ngilu ? Begini Cara Mengatasinya

Nah itulah ulasan mengenai manfaat serta khasiat yang terkandung dalam minyak kemiri yang sangat bagus digunakan untuk kecantikan kulit dan juga kecantikan rambut. Minyak kemiri adalah bahan alami yang sangat baik untuk digunakan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya efek samping yang berbahaya bagi kulit dan rambut. Semoga artikel ini bermanfaat.