Kenali Beberapa Penyebab Penyakit Menular Seks dan Cara Pengobatannya



Penyakit Menular Seks


Penyakit menular seksual (PMS), lebih dikenal dengan istilah infeksi menular seksual (IMS), merupakan suatu penyakit yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penyakit menular seksual dapat menular akibat dari hubungan seks dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Penyakit ini dapat ditularkan oleh pasangan anda yang sudah terinfeksi terdahulu melalui aktivitas-aktivitas hubungan intim meliputi vagina, penis, anus dan mulut (oral). Penyakit menular seksual dapat menjangkit berbagai jenis penyakit, dengan gejala-gejala yang ditimbulkan berbeda dari tiap tiap penyakit.

Baca Juga: Ternyata Inilah Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Penanganannya

Penyakit yang ditimbulkan dapat berupa penyakit yang ganas atau penyakit yang lebih serius daripada penyakit yang lain, bahkan ada yang merenggut nyawa. Dari penyakit-penyakit tersebut pasien membutuhkan pengobatan untuk mencegah dari komplikasi penyakit.

Gejala-Gejala Utama yang Ditimbulkan dari Penyakit Menular Seks

Gejala-gejala dari penyakit menular seksual umumnya tergantung dari apa penyakit yang diderita oleh seseorang. Gejala utama yang ditimbulkan dapat membantu pasien untuk mendiagnosa jenis penyakit yang diderita. Adapun gejala-gejala utama yang dialami oleh penderita Penyakit menular seksual sebagai berikut:
  1. Terdapat benjolan dan luka-luka di dekat bagian vagina, penis, anus, dan mulut
  2. Tumbuhnya kutil
  3. Adanya pembengkakan pada bagian intim
  4. Timbulnya kemerahan
  5. Sakit pada saat penderita buang air kecil
  6. BAB cair
  7. Turunnya berat badan
  8. Terasa ngilu dan nyeri dibagian intim
  9. Ditandai dengan demam, panas dingin
  10. Penyakit kuning
  11. Ditandai dengan adanya keputihan yang berlebih, keputihan tersebut berbeda dan lebih parah dari biasanya dan berbau busuk
  12. Adanya pendarahan pada vagina, di luar masa menstruasi
  13. Sakit pada saat berhubungan seksual
  14. Terasa gata yang luar biasa pada alat kelamin
Jenis-Jenis Penyakit Menular Seks (PMS)

Herpes Kelamin

Herpes kelamin disebabkan oleh virus herpers simplex, terutama jenis virus HSV-2. Adapun tanda-tanda penyakit ini sangat jelas terjadi ditandai adanya lecet, bisul, dan luka pada bagian kelamin, seringkali penyakit ini timbul tanda ada gejala pada penderita.

Herpes kelamin bisa ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit, ditularkan pada anak-anak, jika pada saat melahirkan sang ibu memiliki virus tersebut. Penderita herpes kelamin juga menyebabkan tekanan psikologis bagi penderita.

Human Papillomavirus (HPV) atau kutil kelamin

Penyakit ini sangat mudah ditularkan dan merupakan penyakit menular seks yang paling serius. Kutil yang ada pada bagian kelamin disebabkan oleh virus HPV. Apabila tidak segera diobati, Hpv ini dapat menyebabkan kanker rahim, vulva, vagina, dan penis. Kutil ini tumbuh berkelompok dan berwarna kemerahan disekitar organ seksual.

Hepatitis B

Merupakan penyakit yang serius disebabkan oleh virus Herpa B yang ditularkan pada saat berhubungan seksual yang menyebar melalui cairan mani dan cairan vagina. Penularan virus Hepatitis B mirip dengan cara penularan virus HIV atau AIDS.

Hepatitis sangat mudah menular, namun bagi penderita yang tertular dapat sembuh sepenuhnya . apabila tidak diobata dan dibiarkan hepatitis dapat menginfeksi hati dan sirosis hati (pengerasan hati).
Klamidia

Gejala dari penyakit klamidia tidak dapat terlihat, hanya bisa diketahui. Biasanya muncul cairan putih yang keluar atau cairan kekuningan dari ujung penis, seringnya buang air kecil, terasa terbakar, testis lembek, dan cairan vagina berbau busuk.

Sifilis

Sifilis sangat mudah terjangkit dan disebabkan oleh bakteri Treponam pallidum. Penyebaran melalui aktivitas seksual baik melaui oral seks, anal, dan kontak dengan luka. Sifilis muncul dalam tiga tingkat, pertama hanya ada satu luka pada bagian kelamin dan kedua muncul ruam merah pada tangan dan kaki. Pada tingkat yang ketiga dapat merusak jantung, saraf, otak, dan menyebabkan mati.

Genorea

Genorea merupakan penyakit yang penyebarannya melalui cairan tubuh seseorang yang sudah terinfeksi, misalnya HIV. Penyakit genorea tumbuh subur di selaput lendir tubuh dan bagian tubuh yang lembab, pada bagian leher rahim, rahim, dan uretra, yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea.

Penyakit ini sering diduga oleh infeksi jamur, yang menunjugkan gejala pembengkakan vulva, dan pembengkakan kelenjar tenggorokkan akibat dari oral seks.

HIV atau AIDS

Penyakit HIV/AIDS merupakan penyakit menular seksual yang paling mematikan dan sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Virus HIV dapat merusak sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai penyakit dengan mudah masuk ke dalam tubuh. HIV atau AIDS ciri-cirinya yaitu melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan menyebabkan tubuh tidak mampu bertahan dan melindungi diri dari berbagai bakteri dan penyakit yang masuk.

Faktor-Faktor Risiko Penyakit Menular Seks (PMS)

Ada banyak sekali faktor-faktor risiko yang meningkatkan risiko terjangkit penyakit menular seks, diantara lain sebagai berikut:
  1. Orang yang memiliki banyak hubungan seks atau memiliki hubungan poligami.
  2. Pria homoseksual.
  3. Orang yang berhubungan seksual tanpa memakai alat pelindung yang aman.
  4. Pekerja seks komersial (PSK)
  5. Pecandu narkoba yang cenderung mempraktikkan kebiasaan seksual yang sangat berisiko tinggi.
Penyebab Penyakit Menular Seks (PMS) dan Cara Pengobatannya
Adapun penyebab-penyebab penyakit kelamin diantara lain:
  1. Virus semacam virus HIV, Hepatitis B, Herples complex, dan human papilloma virus (HPV).
  2. Bakteri N. Gonorrhea, Chlamydia trachomatis, Treponema pallidum, Mycoplasma.
  3. Parasit (Trichomonas).
  4. Jamur Candida.
Adapun cara pengobatan penyakit menular seksual dainta lain:

1. Antibiotik

Antibiotik merupakan pengobatan yang paling efektif dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit menular seks yang disebabkan oleh bakteri dan parasit, yang termasuk gonore, sifilis, klamidia, dan trichomoniasis.

2. Obat antivirus

Obat antivirus berfungsi untuk mengurangi resiko infeksi apabila anda rutin meminumnya setiap hari. Jika anda memulai pengobatan sekarang maka sangat efektif obat tersebut menyembuhkan penyakit anda. Baca Juga: Merahkan Kembali Bibir Hitam Dengan Menggunakan Bahan Alami Ini. Ampuh