Ternyata Warna Kotoran Telinga Dapat Mendeteksi Jenis Kesehatan Kita. Simak Penjelasannya!



Kamu membersihkan telinga menggunakan cotton bud? Ini adalah cara paling umum yang dilalukan setiap orang untuk membersihkan telinganya beberapa hari sekali.

Seperti halnya dengan kebanyakan cairan tubuh, kotoran telinga jarang menjadi topik perbincangan penting. Tapi faktanya, zat lengket ini sebenarnya sangat penting bagi tubuh kita dan bisa mendeteksi tentang kesehatan kita.

Hanya, tidak semua dari kita tahu kotoran telinga memiliki fungsi pelindung dan bisa mengindikasikan keadaan kesehatan. kadang dapetnya kotoran nya basah kadang juga ada yang kering gitu .

Baca Juga: 3 Tips Agar Setelah Diet Tidak Kembali Melar

Sama halnya dengan cairan lain misalkan urine ataupun feses. Kebanyakan dari kita merasa bahwa kotoran telinga adalah hal yang menjijikan yaa, akan tetapi sebenarnya kotoran telinga amat sangat membantu telinga kita agar bakteri dan benda asing lain dapat masuk kedalam telinga kita.

Ada beberapa jenis kotoran telinga pada manusia, ada yang kering seperti ketombe, ada yang basah seperti oli, ada juga yang keras. Nah dari beberapa jenis ini yuk kita cek warna kotoran telinga kita masuk kategori normal kah ? atau bermasalah ? Simak penjelasan berikut ini .

1. Kotoran telinga berwarna kuning dan basah
Pakar kesehatan menyebutkan jika kotoran telinga yang ideal adalah yang berwarna kuning, lengket, dan sedikit basah. Kotoran telinga ini menandakan telinga sedang dalam kondisi sehat dan tidak terkena infeksi sama sekali.

2. Kotoran telinga berwarna kuning pucat

Warna ini adalah yang paling umum untuk anak-anak. Anak-anak cenderung menghasilkan lebih banyak kotoran telinga daripada orang dewasa, namun seiring bertambahnya usia, produksi ini berangsur-angsur berkurang.

Jika anak-anak dengan usia di bawah delapan tahun memiliki kotoran telinga dengan warna kuning pucat, maka hal ini menandakan kondisi telinganya sehat. Hanya saja, jika kondisi ini terjadi pada orang dewasa, maka hal ini menandakan masalah kekurangan asupan vitamin B.

Baca Juga: Ini Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Anda

3. Kotoran telinga berwarna hitam

Jika hanya terjadi sekali, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika telinga menjadi gatal dan rasa gatal menjadi lebih kuat, maka Anda harus mengunjungi dokter karena warna hitam dari kotoran telinga menandakan infeksi jamur.

4. Kotoran telinga berwarna cokelat gelap dan tebal

Jika kotoran telinga berwarna cokelat gelap dan memiliki tekstur yang tebal, maka bisa jadi hal ini menandakan adanya gangguan hormonal atau disebabkan oleh masalah kecemasan berlebih hingga stress.

Ini bisa menunjukkan bahwa tubuh kita telah mengalami masa-masa sulit. Mungkin luangkan waktu di lingkungan yang tenang dan damai selama beberapa hari.

5. Kotoran telinga berwarna Abu Abu

Nah jika terdapat kotoran warna abu abu pada telinga dan tidak merasakan gatal pada telinganya ini masih dikatakan normal, proses pembersihan alami dalam telinga dapat menyebabkan warna menjadi abu abu, akan tetapi yang perlu diwaspadai guys bila disertai gata gatal, bisa dikatakan itu adalah tanda eksim.

6. Kotoran berdarah

Kotoran telinga yang sudah lama terkadang bisa terlihat seperti darah kering. Ini bisa berarti kamu memiliki gendang telinga berlubang dan mulai serius. Seperti yang bisa kamu lihat, kotoran telinga muncul dalam beragam warna dan kebanyakan tidak menunjukkan tanda gangguan kesehatan.

Baca Juga: Bahaya Duduk Terlalu Lama Didepan Komputer Bagi Kesehatan Anda

Jadi, pada saat membersihkan telinga, lihatlah dengan cepat kapas kotor itu. Ini mungkin menjijikkan, tapi ini juga cara yang bagus untuk mengidentifikasi masalah dan menghadapinya sebelum menjadi serius.