Ternyata Tertawa Juga Sudah Terbukti Baik Untuk Kesehatan



Tertawa adalah suatu kondisi dimana kita merasakan ekspresi kebahagiaan. Perasaan ini biasanya muncul secara spontan dan tidak bisa di buat-buat. Orang yang sedang merasakan suatu kebahagiaan pasti akan mudah untuk tertawa daripada orang yang sedang mengalami perasaan sedih.
Tertawa sudah dipercaya oleh ahli sangat baik untuk kesehatan. Karena dengan tertawa kita mampu merasakan energi yang segar. Hal ini terjadi karena ketika kita tertawa asupan oksigen akan meningkat dan melepaskan endorfin.

Tidak cuma unik, ternyata dengan tertawa kita akan mendapat khasiat lainnya, seperti membuat tubuh dan menta kita lebih sehat, serta mampu membuat umur panjang. Sudah ratusan tahun lamanya, manfaat tertawa sering kali dikaitkan dengan kesehatan. Tidak Cuma itu, tertawa Cuma sudah dikenal sebagai obat herbal alami yang sangat baik manfaatnya untuk kesehatan mental danjuga kesehatan jiwa manusia.

Nah di bawah adalah beberapa manfaat tertawa yang sangat luar biasa dampaknya bagi kesehatan.

1. Dengan tertawa akan membuat kita merasa lebih baik

Anda pasti pernah merasakan stres atau dalam suatu keadaan dimana merasakan kesedihan. Tiba-tiba ada seorang teman Anda menghampiri dengan membuat lelucon sehingga membuat anda tertawa gembira. Dalam sekejap beban yang sedang dipikirkan akan terlupakan bukan ? anda pasti merasakan lebih baik dari sebelumnya. Nah sebaiknya jika Anda sedang stres carilah hiburan yang mampu membuat anda tertawa.

2. Dengan tertawa akan membuat kita lebih awet muda

Orang yang selalu terjebak dalam situasi tegang pada umumnya akan lebih sering mengalami stres. Dengan begitu akan memicu keluarnya suatu hormon yang bernama kortisol. Taukah Anda hormon kortisol yang keluar berlebihan akan menyebabkan tekanan darah tinggi, menurunkan sistem kekebalan tubuh, sampai menyebabkan meningkatnya gula darah tinggi.

Nah beberapa dari akibat stres diatas akan berakibat kita menjadi lebih cepat terlihat tua, bahkan uban dikepala kita pun akan cepat sekali tumbuh. Oleh karena itu perbanyak tertawa sehingga akan membuat kita lebih awet muda.

3. Dengan tertawa akan meningkatkan aliran darah

Anda pasti pernah merasakan lemas, pusing, bahkan sakit kepala ? nah itu tandanya tensi Anda sedang tinggi. Tertawalah ! karena tertawa akan meningkatkan aliran darah yan dapat mengurangi tekanan darah, sehingga dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya stroke dan serangan jangtung.

4. Dengan tertawa akan membakar kalori

Tertawa juga bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh. hasil penelitian membuktikan bahwa dengan tertawa lepas denyut jantung kita akan meningkat, sehingga dapat membakar 10 sampai 40 kalori dalam waktu 15 menit.

5. Dengan tertawa mood dan kepercayaan diri akan meningkat

Lihat saja orang yang kepercayaan dirinya tinggi pasti sering menertawakan diri sendiri, tidak akan peduli seberapa buruk pendapat orang lain tentang dirinya. Orang yang percaya diri biasanya tidak mudah terpuruk dengan suatu kejadian yang telah mereka lakukan, bahkan dengan mantap untuk melanjutkan kembali dengan bahagia. Hal ini menghindari dari terjadinya stres, terhindari dari merusak diri sendiri, bahkan terhindari dari membuang-buang waktu.

Nah itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika kita sering tertawa lepas. Selain membuat kita merasa bahagia, juga berdampak bagus untuk kesehatan tubuh, mental, serta juga mampu membuat umur kita panjang loh.... Oleh karena itu perbanyaklah tertawa mengenai hal-hal yang berbaur positif , karena tertawa tidak hanya membuat kita senang tetapi juga akan membuat orang disekeliling kita ikut senang.