Efek Bahaya Radiasi Sinyal Hp Ini Sering Diabaikan


Efek Bahaya Radiasi Sinyal Hp Ini yang Sering Diabaikan

Tidak bisa di elak kan lagi perkembangan zaman yang  yang semakin maju terhadap tekhnologi seperti sekarang ini banyak sekali alat-alat canggih yang sangat membantu anda dalam kehidupan sehari-hari, seperti handphone, gadget, smartphone, dan masih banyak lagi. Diciptakannya alat-alat tersebut tentunya bertujuan untuk mempermudah anda dalam berkomunikasi, dokumnetasi, dan mempermudah pekerjaan anda.

Alasan-alasan itulah yang membuat industri ponsel pintar semakin laris manis di pasaran, bahkan dari hari ke hari kebutuhan itu semakin meningkat pula. Sekarang ini hampir setiap orang mempunyai handphone, dari anak kecil, remaja hingga orang tua. Bukan hanya satu handphone saja tetapi kebanyakan setiap orang bisa memiliki dua sampai tiga handphone.


Baca Juga: Cara Memiliki Wajah Putih Alami dengan Cepat dan Mudah Hanya dalam 3 Hari

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa untuk mengantarkan suara atau data dari sebuah ponsel ke ponsel lain nya perlu ada nya jaringan sinyal. Keberadaan ponsel selain dari manfaatnya juga terdapat beberapa dampak negatif, terutama bagi kesehatan anda. Disadari atau tidak, ponsel atau handphone bisa menyebabkan radiasi bagi pengguna yang mana efeknya akan anda rasakan dalam jangka panjang. Mungkin saat ini anda belum merasakan  efek radiasinya, tetapi bisa jadi akan anda rasakan beberapa tahun ke depan.

Beberapa penelitian menyebutkan, bahaya radiasi ponsel bagi pengguna ponsel aktif  bisa menimbulkan beberapa gangguan pada fungsi otak. Seperti rusaknya DNA sel otak, seringnya mengalami sakit kepala, bahkan terdapat beberapa kasus tumor otak. Radiasi yang ditimbulkan oleh hp adalah radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik adalah  kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain.

Berikut beberapa kemungkinan efek yang ditimbulkan dari radiasi handphone:

Menelepon menggunakan hands-free mungkin bisa berdampak pada kesuburan pria. Pria yang menggunakan hands-free saat menelepon cenderung menaruh handphone pada saku celana atau menyelipkannya pada ikat pinggang. Karena letaknya yang berdekatan dengan organ intim,  kemungkinan radiasi yang dikeluarkan handphone dapat memengaruhi sperma. Sperma yang terekspos radiasi dapat mengalami kerusakan, kemampuan bergerak lebih rendah, daya tahan hidup sperma sebentar, dan stres oksidatif.

Baca Juga: Ini Penyakit yang Ditimbulkan Karena Sering Menahan Buang Air Kecil (Kencing)

Dianjurkan untuk berhati-hati memakai handphone apalagi dalam keadaan sedang hamil. Radiasi handphone dapat memengaruhi lapisan pelindung yang mengelilingi neuron otak pada janin. Selain itu, anak yang terlahir dari ibu hamil yang terekspos handphone sebelum melahirkan mungkin dapat mengalami gangguan perilaku seperti sulit bergaul, hiperaktif, dan menjadi anak yang tidak peka. Meski begitu, ada pula hasil penelitian yang tidak menemukan data valid mengenai kaitan kedua hal itu. Untuk berjaga-jaga, dianjurkan untuk menggunakan hands-free ketika menerima telepon dan jangan meletakkannya pada perut.

Hubungan antara radiasi handphone dan kanker masih kontroversial. Tapi hingga kini belum ada bukti kuat yang menyatakan radiasi handphone dapat meningkatkan risiko terkena kanker.
Anak-anak berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan tubuh ketika terkena radiasi. Menurut teori, radiasi lebih mudah diserap oleh anak-anak ketimbang orang dewasa karena tengkorak mereka lebih tipis, jaringan otak lebih mudah menyerap serta ukuran tubuh yang lebih kecil. Bacalah petunjuk pengguna untuk mengetahui rincian lebih lanjut dan tindakan pencegahan dari bahaya radiasi.

Kurangi menelpon menggunakan HP dalam gedung.Dan gunakan hp yang radiasinya dibawah level kelayakan.

Baca Juga: 3 Tips Agar Setelah Diet Tidak Kembali Melar

Jadi secara garis besar, efek buruk radiasi Hp atau handphone pada kesehatan masih bersifat kemungkinan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui efek sesungguhnya. Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak ditawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi.