Ini Penyakit yang Ditimbulkan Karena Sering Menahan Buang Air Kecil (Kencing)


Ini Penyakit yang Ditimbulkan Karena Sering Menahan Buang Air Kecil (Kencing)
Sadarkah anda bahaya menahan kencing terlalu lama dapat berdampak mematikan bagi kesehatan. Notabanenya buang air kecil, yang ditandai dengan proses pengeluaran urin pada manusia merupakan suatu hal yan wajar dan umum terjadi.

Proses buang air kecil ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. Semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan yang sudah selesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh akan keluar melalui urin.

Baca Juga: Cukup Gunakan Bahan Alami Ini Dan Dapatkan Bulu Mata Yang Lebat Dan Indah

Buang air kecil adalah salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat sisa yang bisa buruk untuk kesehatan. Namun kadang, ada hal yang menyebabkan orang harus menahan pipis. Bisa jadi karena tempat yang tak memungkinkan, sedang melakukan aktivitas lain, atau alasan lainnya.

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa menahan pipis bukanlah hal yang serius. Tetapi lebih baik berhati-hati, terutama jika menahan pipis sudah mulai jadi kebiasaan.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka hal ini haruslah menjadi suatu kewajiban untuk dituntaskan, dan jangan pernah ditahan.

Jangan pernah anda menahan untuk membuang air kecil dalam waktu yang sangat lama dan sering. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. apa saja bahayanya? Mari kita lihat satu – per satu.

1. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih atau disebut UTI adalah salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi pada bagian saluran kemih. Infeksi saluran kemih bisa jadi sangat menyakitkan.

Anda akan merasa sering ingin buang air kecil, namun juga merasakan nyeri pada bagian uretra. Beberapa gejala lainnya adalah adanya darah pada urine dan sensasi terbakar ketika buang air kecil.

2. Kandung kemih yang sangat sensitif
Sensitivitas kandung kemih seseorang berbeda-beda, dipengaruhi juga oleh apa yang kita makan atau minum, tetapi menahan kencing dapat membuat kandung kemih Anda jauh lebih sensitif. Ini karena kandung kemih Anda membentang menyesuaikan peningkatan jumlah urin di dalamnya.

Oleh karena itu, sensor menjadi terlalu aktif dan membuat Anda merasa kencing lebih sering dari biasanya. Kebetulan, ini juga merupakan tanda umum dari infeksi saluran kencing. Jika Anda mengalami gejala ini, hubungilah dokter.

3. Pembengkakan kandung kemih
Rata-rata kendung kemih dapat menyimpan hingga 15 ons cairan. Jika Anda meminum delapan gelas air sehari, jumlah cairan yang Anda konsumsi sekitar 64 ons, atau rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga sekitar seperempat air yang Anda minum setiap hari.

Sehingga, meskipun Anda minum banyak air untuk menjaga jumlah cairan tubuh dan ginjal Anda dalam kondisi yang baik, namun hal itu tidak akan berdampak baik bagi kesehatan jika Anda juga tidak membuangnya secara teratur.

Salah satu alasan utama mengapa Anda disarankan untuk minum cukup cairan adalah bahwa itu penting untuk membantu membersihkan ginjal Anda, dan itu dapat terjadi jika Anda memasukkan dan mengeluarkan cairan dari tubuh dengan seimbang.

4. Infeksi Pada Ginjal
Infeksi pada ginjal disebabkan oleh menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal. Infeksi pada ginjal dapat berpengaruh pada :
  • Siklus Pembuangan Urin
  • Pendarahan Ketika Melakukan Buang Air Kecil
  • Terjadinya Gagal Ginjal
Infeksi pada ginjal masih dapat disembuhkan dengan cara menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil dan rajin minum air mineral.

5. Gagal Ginjal
Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal.

Apabila gagal ginjal sudah terjadi, maka :

  • Ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kotoran-kotoran sisa pencernaan
  • Siklus pencernaan akan menjadi kacau dan semakin buruk

Gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah parah, dan tidak bisa disembuhkan. Gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan cara melakukan pendonoran pada ginjal pasiennya..

7. Batu Ginjal
Batu pada ginjal akan terbentuk ketika urin yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi, karena urine memiliki kandungan Kristal – Kristal garam, yang akan menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak.

8. Anyang-Anyangan
Anyang-anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang-anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda-tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.

Baca Juga:

Itu dia beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh terlalu sering menahan buang air kecil atau kecing, maka selalu berusaha agar tetap buang air kecil jika sudah saatnya dan pastinya ditempat yang seharusnya ya... Jika bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ya...