6 Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda



Berdasarkan pengalaman pribadi terhadap keluarga saya yang pernah mengalami penyakit ginjal kronis, berikut saya coba sharingkan beberapa makanan yang mampu menurunkan resiko penyakit ginjal kronis.

Sudah bukan rahasia lagi, penyakit ginjal adalah penyakit yang paling ditakuti selain penyakit degeneratif. Penyakit ini sangat mudah menghinggapi mereka yang menderita diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Secara sederhana, penyakit ini sendiri terjadi karena banyaknya zat kimia yang terkandung dalam darah yang tidak mampu diolah oleh ginjal, biasanya diakibatkan oleh terlalu sering mengkonsumsi zat-zat kimia seperti obat-obatan dan lain-lan. Solusi akhir bagi penderita ginjal kronis adalah dengan melakukan cuci darah yang rutin, namun sejarahnya, jarang ada yang bertahan dalam waktu lama jika tidak benar-benar menjaga pola makannya.

Baca juga: Cukup Gunakan Bahan Alami Ini Dan Dapatkan Bulu Mata Yang Lebat Dan Indah

Berikut adalah beberapa makanan yang telah terbukti memiliki dampak signifikan pada kesehatan ginjal:

1. Bawang Putih

Bawang putih segar adalah pilihan yang sangat baik untuk ginjal, membual sifat anti-inflamasi yang kuat dan kemampuan untuk mengurangi kolesterol. Bawang putih tinggi antioksidan. Telah terbukti bahwa mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat membantu melawan kanker. Saya sendiri mengganti bawang putih dengan produk yang sudah diolah bernama Mega Garlic dari Herbalife.

2. Kubis

Semua sayuran, seperti kubis, brokoli, dan kembang kol, tinggi dalam serat, vitamin C, dan vitamin K yang yang diperlukan ginjal agar berfungsi pada kapasitas maksimum. Kubis memiliki nilai sumber zat besi yang tinggi. Kubis juga tinggi beta karoten, vitamin K, dan kalsium. Sayuran ini juga sangat rendah kalium, sehingga sangat ideal dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

Baca Juga: Cara Memiliki Wajah Putih Alami dengan Cepat dan Mudah Hanya dalam 3 Hari

3. Putih Telur

Putih telur sangat kaya akan vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan tingkat kesehatan secara menyeluruh.  Putih telur menawarkan protein tinggi, kalium rendah, dan fosfor rendah, serta mengandung banyak zat besi untuk menjaga ginjal dalam keadaan prima. Putih telur hampir tidak mengandung lemak, dan kandungan karbohidrat nya pun kurang dari 1%.

4. Bawang

Seperti halnya bawang putih, bawang juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan kanker dan penyakit jantung sekaligus sangat baik bagi kesehatan jantung. Bawang, terutama bila dikonsumsi mentah, juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang penting bagi penderita penyakit ginjal.

5. Ikan Segar

Ikan seperti salmon,dan sarden sangat kaya akan protein berkualitas dan asam lemak omega-3 yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Orang-orang yang mengkonsumsi ikan segar secara teratur berada pada risiko lebih rendah untuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, berarti memiliki risiko lebih rendah menderita penyakit ginjal kronis.

Baca juga: Cara Memiliki Wajah Putih Alami dengan Cepat dan Mudah Hanya dalam 3 Hari

6. Apel

Apel juga mengandung senyawa anti-inflamasi, yang dikombinasikan dengan kandungan kalium yang rendah, membuat buah ini sangat bagus untuk camilan ramah ginjal.

Itu dia 6 makanan terbaik yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.