3 Tips Agar Setelah Diet Tidak Kembali Melar




Pada sebagian orang, diet hanya dijadikan tujuan sementara untuk memenuhi hasrat ingin langsing. Misalnya, ingin menikah, harus langsing agar mudah mencari baju pengantin. Disini letak kesalahan paling besar bagi mereka pelaku diet. Jika tujuan diet hanya sekedar seperti diatas semata maka berat badan atau tubuh anda akan kembali melar selepas diet.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Hal ini bisa saja terjadi karena Anda hanya menerapkan pola rencana makan sesaat ketika sedang diet. Setelah diet berhasil, Anda kembali pada kebiasaan rakus anda menyantap makanan berlebihan.

Nah, agar berat badan tidak kembali naik alias diet yoyo, Anda perlu menerapkan diet secara berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan tujuan diet sesungguhnya yaitu memiliki tubuh yang sehat dan langsing sepanjang hayat. 

Faktor keberlanjutan dalam diet ini penting sebagai gaya hidup agar Anda bisa menikmati diet bukan melakukannya karena terpaksa. Lantas bagaimana diet agar berkelanjutan? Perhatikan hal-hal berikut:

Perhatikan Makanan Anda

Makanan adalah kesenangan alami yang harus Anda nikmati, bahkan jika itu makanan junk food. Pastikan Anda tahu berapa porsi yang harus dikonsumsi dan pertimbangkan hidangan apa saja yang Anda nikmati, akan lebih bagus lagi jika makanan Anda terdiri dari bahan-bahan yang sehat. Yang perlu anda ingat disini adalah bahwa Anda gemuk bukan karna jumlah makanan yang Anda makan, tapi jumlah kalori yang ada dalam makanan yang Anda makan. Semua makanan dan minuman memiliki kalori tertentu kecuali air putih. Makin banyak kalori yang Anda masukkan makin cepat tubuh Anda melar kedepan dan kesamping.

Sesuaikan dengan Pola Hidup Anda

Sebelum memutuskan memilih tipe diet apa pun, cobalah untuk membayangkan jika diri Anda harus menerapkan diet tertentu setiap hari. Diet yang dipilih tidak boleh mengganggu rutinitas sehari-hari, di samping itu diet yang dipilih harus mudah dilakukan dan sesuai dengan gaya hidup, pekerjaan, kepribadian serta gaya sosial Anda. Saya pribadi sampai saat ini masih terus berdiet dengan benar-benar memperhatikan sarapan pagi saya.

Perhatikan Stamina Anda

Perhatikan pula bagaimana reaksi tubuh Anda setelah menerapkan diet selama sepekan? Apakah Anda merasa lemas? Energi terkuras habis? Bisa jadi ini mengartikan Anda kekurangan kalori atau tidak makan sehat secara keseluruhan. Diet secara berkelanjutan justru akan memberikan suntikan energi, vitalitas dan semangat bekerja, bukan malah membuat Anda lemas dan ngantuk seharian.

Baca Juga: Bahaya Duduk Terlalu Lama Didepan Komputer Bagi Kesehatan Anda

So, mulai saat ini, ubah ya tujuan berdietnya…supaya bias berkelanjutan dan sehat serta langsing sepanjang hayat. (MK)